fbpx

5 Tips Menjaga Kesehatan Baterai Macbook

Advertisements

Macbook memiliki daya tahan baterai yang berbeda-beda untuk semua serinya. Biasanya dapat digunakan 10 hingga 11 jam lebih jika belinya kondisi baru. Performa baterai Macbook juga akan terus menurun apabila tidak mengetahui cara merawat baterai MacBook. Untuk mencegah agar baterai tidak cepat rusak dan awet, kamu dapat mengikuti beberapa tips dibawah ini!

  • Tampilkan Persentase Baterai

Dengan menampilkan persentase baterai pada bagian pojok kanan atas, tentu kamu dapat mengetahui berapa sisa baterai yang masih dapat untuk kamu gunakan. Dengan mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu agar bisa menampilkannya. fitur ini dapat mengawasi baterai Mac atau MacBook seperti kisaran waktu yang dibutuhkan menggunakan tanpa sumber daya listrik ke terminal, baterai low-bat, pengisian baterai sudah full atau tidak dan  mengetahuiberapa lama pengisian baterai. Fitur ini memudahkan kamu mengecek sisa baterai MacBook sebelum berhenti menggunakannya dalam beberapa hari kedepan. Setidaknya ada 50% baterai untuk menjaga kesehatannya.

  • Update Software macOS

Apple selalu melakukan pembaharuan sistem pada setiap perangkatnya, termasuk MacBook. Kecuali Macbook lawas, hal ini diberikan guna memanjakan pengguananya, pastikan kamu slalu mengupdate Mac kamu, baik itu pembaruan aplikasi, error ataupun sistem keamanan. kamu dapat menentukan kapan update tersebut diinstal. Update macOS ini juga bisa kamu temukan di sistem preferensi – Pembaharuan Perangkat Lunak. Untuk melakukan pembaharuan sistem dan aplikasi, bisa juga menggunakan App Store.

  • Tutup Aplikasi Yang Tidak Dipakai

Macbook memiliki performa yang tidak diragukan, ditambah adanya fitur multi-tasking yang diberikan oleh Apple. Menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan tanpa kendala. Menggunakan banyak aplikasi dalam satu waktu, dapat membuat daya baterai lebih cepat habis dibandingkan hanya membuka satu atau dua aplikasi. tutup aplikasi yang tidak kamu gunakan. Dan gunakan aplikasi yang hanya kamu perlukan saat itu.

  • Cek Kondisi Baterai
BACA JUGA :  Aplikasi Penghitung Kalori Makanan Recommended

sama seperti laptop lainnya yang menggunakan baterai, Performa baterai MacBook juga dapat menurun seiring lama pemakaiannya.  Walaupun baterai MacBook termasuk baterai yang awet atau tidak cepat rusak. Kamu juga perlu mengecek Kesehatan baterai secara berkala. Baterai Mac memiliki siklus pengisian baterai (cycle count) untuk mengetahui jumlah siklus pengisian baterai pada laptop MacBook. 

  • Jauhkan Dari Paparan Sinar Matahari

Pada dasarnya, semua perangkat elektronik disarankan untuk menghindari paparan sinar  matahari secara langsung. Hal ini menyebabkan suhu yang tinggi dan dapat merusak baterai. Begitu pun dengan MacBook, jauhi juga dari paparan matahri yang terik untuk menghindari suhu yang terlalu tinggi, apa lagi casing MacBook terbuat dari alumunium yang cepat menyerap panas. Gunakan MacBook di suhu ruangan yang dingin agar kesehatan baterai tidak menurun secara signifikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.