...

10 Manfaat Minum Air Putih Setiap Hari

Mengonsumsi air putih memang sangat di anjurkan untuk semua. Dengan minum sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter setiap harinya dan sementara untuk wanita hamil disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 2,5 liter per hari dan wanita menyusui 3 liter per hari.

Bahkan, beberapa orang sangat dianjurkan untuk mengonsumsi air putih lebih banyak Ketika sedang mengalami beberapa kondisi, seperti saat cuaca panas, sedang demam, diare, muntah-muntah dan setelah berolahraga.

Air putih sangat dikenal dengan berbagai manfaatnya untuk tubuh, salah satunya, yaitu sebagai obat panas dingin. Berikut ini adalah beberapa manfaat air putih lainnya untuk Kesehatan yang bisa kamu ketahui!

  • Mencegah Dehidrasi dan Menjaga Kesehatan Sendi dan Otot

Pentting menjaga ditubuh kita dengan minum air putih, untuk mencegah tubuh dari kekurangan cairan atau dehidrasi. Meski terlihat sepele, kondisi dehidrasi yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan gangguan pada fungsi ginjal, kejang dan bahkan dapat membahayakan nyawa.

Berbeda jika mengkonsumsi air putih secara rutin yang dapat meningkatkan kekuatan dan kelenturan sendi dan otot tubuh. Dengan demikian, otot tidak kaku dan tubuh pun tidak cepat lelah saat bergerak atau beraktivitas lebih.

  • Menjaga Kesehatan Pencernaan dan Mencegah Batu Ginjal

Salah satu yang menyebabkan tergganggunya fungsi pencernaan yaitu kurang minum. Hal ini juga bisa mengganggu beberapa Kesehatan lainnya, seperti sembelit maupun susah BAB setelah operasi. Kamu dapat mencegahnya, yaitu dengan rutin mengonsumsi air putih.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa minum air putih yang cukup mencegah terbentuknya batu ginjal atau kambuhnya penyakit batu ginjal pada orang yang sebelumnya pernah menderita penyakit tersebut. Hal ini karena asupan cairan yang cukup dapat melancarkan proses pembuangan sisa metabolisme melalui urine dan mencegah terbentuknya kristal yang dapat menyebabkan batu ginjal, misalnya asam urat.

  • Dapat Menurunkan Berat Badan 

Kamu dapat meningkatkan metabolisme dengan rutin minum air putih yang memudahkan tubuh dalam membakar lemak serta membuang kotoran melalui keringat, urine dan tinja. Hal ini tentunya bisa mempengaruhi menurunnya berat badan.

Bukan hanya itu, minum air putih sebelum makan diketahui dapat memberikan efek kenyang, sehingga porsi makanan yang dikonsumsi pun menjadi lebih sedikit. Dengan demikian, asupan kalori ke dalam tubuh tetap terjaga dan berat badan tetap terkontrol.

  • Menambah Energi

Seperti yang telah di ketahui, bahwa kurang minum air putih bisa menyebabkan turunnya tingkat energi dalam tubuh. Jika kamu sedang mengalami kondisi dehidrasi, kamu akan akan merasakan kelelahan hebat. Air sangat penting untuk membawa nutrisi ke sel-sel tubuh kamu dan membuang limbah sisa pencernaan yang tidak diperlukan.

Namun, tubuh manusia setiap hari mengeluarkan cairan, baik melalui bernapas, urine dan keringat. Oleh karena itu, tingkatkan konsumsi cairan sesuai dengan kebutuhan dengan rajin minum air putih.

  • Menutrisikan Kulit dan Mencegah Penuan Dini

Minum air putih juga berpengaruh pada kecantikan, yang mana air membantu kulit tetap ternutrisi. Dengan demikian, kulit menjadi lebih lemabab dan terjaga. Jika kamu merasa kulitmu kering, maka segeralah memperbaiki pola hidup sehat dengan meningkatkan konsumsi air putih harian.

Penuan dini juga sangat berpengaruh jika malas minum air putih, seperti keriput halus dan flek hitam mungkin muncul pada sebagian orang, meskipun secara usia justru masih muda. Tanda tersebut bisa dicegah dengan mengonsumsi air putih. Hal tersebut dikarenakan, air putih memiliki kemampuan untuk menjaga kulit wajah tetap terhidrasi, sehingga tanda penuaan dini bisa dicegah.

  • Melindungi Jaringan Sensitif dalam Tubuh

Air yang kita minum dapat mempengaruhi struktur dan fungsi otak dengan terlibat dalam produksi hormon dan neurotransmiter. Jika tubuh sering mengalami dehedrasi, mungkin kamu bisa mengalami gagguan kognitif.

Dengan minum air putih 2 liter setiap hari dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pemikiran dan penalaran. Dilansir dari Healthline, studi menunjukkan bahwa bahkan dehidrasi ringan, seperti kehilangan 1-3 persen dari berat badan, dapat mengganggu tingkat energi, merusak suasana hati, serta menyebabkan penurunan besar memori dan kinerja otak.

  • Mencegah Bibir Kering dan Menjaga Suhu Tubuh 

Air putih yang kita minum dengan porsi yang cukup, dapat menghasilkan air liur yang dibutuhkan oleh mulut. Jika produksi air liur yang tidak cukup, maka dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan menyulitkan proses memecah makanan dalam mulut.

Kekurangan air dalam tubuh juga dapat membuat suhu tubuh menjadi panas meski berada di lingkungan yang dingin. Tetap terhidrasi sangat penting untuk menjaga suhu tubuh. Sebab, tubuh akan kehilangan air melalui keringat selama aktivitas fisik dan di lingkungan yang panas.

  • Membuat Lebih Fokus dan Menaikkan MOOD

Jika kamu ingin meningkatkan fungsi kognitif, maka kamu bisa memulainya dengan minum air putih yang cukup. Sebab, penelitian menjelaskan bahwa tidak minum air putih sesuai anjuran dapat mengganggu fokus dan mengurangi fungsi ingatan atau memori.

air putih juga diketahui dapat mempengaruhi mood atau suasana hati manusia.  Manfaat ini berhubungan dengan dehidrasi yang dapat menyebabkan kelelahan, kebingungan, hingga kecemasan saat tidak minum air putih dalam jumlah yang cukup.

  • Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Selain dapat menjaga suhu tubuh,minum air putih yang cukup juga dapat mencegah tubuh dari penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung, serangan jantung dan stroke.

Hal ini sangat berpengaruh karena konsumsi air putih secara rutin dapat mencegah dehidrasi yang bisa berdampak pada terganggunya fungsi organ tubuh, termasuk jantung dan memberikan efek relaksasi pada pembuluh darah, sehingga tekanan darah pun akan terjaga.

  • Meningkatkan Stamina

Tubuh membutuhkan energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari, untuk itu energi tidak hanya diperoleh dari makanan melainkan juga dari cairan. Konsumsi air putih yang cukup juga dapat membuat tubuh tidak mudah lemas selama bergerak dan beraktivitas.

Dengan minum air putih yang cukup, bisa membuat tubuh kita tetap fit dan segar. Yuk, rutin minum air setiap hari agar tubuh tetap sehat! Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *