fbpx
Apa Tujuan Sebenarnya Dari Investasi?
image source: pixabay.com

Apa Tujuan Sebenarnya Dari Investasi?

Advertisements

Di tahun 2021 ini investasi adalah topik yang hot dan banyak di temui pada platform platform social media seperti facebook,  instagram, youtube dan lain sebagainya.  Bahkan saking boomingnya pembahasan tentang investasi banyak sekali di bahas oleh praktisi investasi yang bertebaran di youtube, seperti Raditya Dhika, Timothy Roland dan praktisi lain yang aktif pada pembahasan tentang perencanaan keuangan dan investasi. Namun pernahkah anda bertanya tanya apa sih tujuanya ber investasi? apakah untuk menjadi kaya? apakah untuk mengamankan uang? atau hal lain? mari kita simak beberapa pembahasan singkatnya:

Investasi Untuk Menjadi Kaya?

Cita cita ingin menjadi kaya sudah pasti menjadi keinginan semua orang, dan memang sah sah saja dengan cita cita ini. Menjadi kaya bukanlah hal yang salah ataupun tercela, karena hal ini adalah sebuah tujuan. Ada yang ingin bertujuan ketika menjadi kaya ingin menolong orang, membantu yang susah, membuat bisnis dan maslahat lainya. Namun perlu digaris bawahi, bahwa ada sedikit warning bagi yang ber investasi dengan iming iming “cepat kaya” karena hal ini kadang membuat gegabah dan keluar jalur safe yang dapat merugikan anda sendiri. Oleh karena itu jadikan investasi itu sebagai sarana untuk rencana keuangan yang menguntungkan anda di masa depan.

Investasi Untuk Rencana Masa Depan

Hal ini cukup lumrah dan sering ditemukan pada setiap keluarga, mudahnya mungkin kita bisa melihat Kakek Nenek kita yang berinvestasi di masa lalu. Dahulu mereka berinvestasi tanah, emas, dan komoditas lain yang mungkin akan bermanfaat dikemudian hari untuk keturunanya. Hal ini selaras dengan makna investasi itu sendiri yaitu menanamkan modal atau sesuatu yang akan menghasilkan keuntungan. Di hari hari ini untuk berinvestasi kita hanya tidak di batasi hanya dengan hal yang berkaitan dengan kebiasaan nenek moyang kita, ada banyak metode dan pilihan, seperti: reksadana, saham, dan lain lain. Oleh karena itu mulailah untuk merencanakan investasi untuk masa depan anda, seperti untuk biaya sekolah anak, tabungan hari tua, dan lain sebagainya.

Investasi Untuk Menanggulangi Kebiasaan Konsumtif

Kebiasaan konsumtif kerap kali menjadi suatu hal yang tidak baik karena efek yang ditimbulkan, seperti boros, uang habis dengan tidak ada manfaat yang di dapat. Nah dengan investasi kebiasaan ini akan berangsur hilang karena anda sudah merubah pola pengeluaran uangnya, namun bukan berarti tidak boleh menikmati hasil dari jeri payah yang telah anda lakukan, hanya perlu ada kontrol dan perencanaan, Nah dengan investasi adalah salah satu cara yang dapat merubah kebiasaan tersebut.

Terlepas dari tujuan apapun yang and pikirkan dalam berinvestasi, semua adalah hak penuh anda untuk memutuskan apa tujuan investasi yang anda lakukan. Kami hanya memberikan sebagian gambaran dari tujuan dalam berinvestasi, karena diluar sana banyak sekali yang gegabah dalam permasalahan investasi, seperti menggunakan dana panas, ingin cepat kaya hingga mengorbankan sesuatu yang membahayakan dirinya dan keluarganya, dan tentu hal ini jauh pada tujuan dari investasi itu sendiri, maka dari itu bijaklah dalam meniti tujuan dan pahami segala resiko yang akan terjadi.

Semoga Bermanfaat.

BACA JUGA :  Apa Investasi Terbaik Untuk Diri Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published.