fbpx
Berat badan
image source: pixabay.com

Cara Kurus Tanpa Olahraga? Ini Faktanya!

Advertisements

bidikindonesianews.com – Dewasa kini banyak orang mulai menyadari bahwa kelebihan berat badan merupakan masalah yang kerap ingin diatasi secara instant dan cepat bahkan hingga menggunakan cara cara tertentu yang dianggap bisa membantu menurunkan berat badan. Nah disini kami akan memberikan beberapa cara dan faktanya mengenai hal tersebut:

Cara Kurus Tanpa Olahraga?

Betul Kita Bisa Turun Berat Badan Tanpa Olahraga

Pernah kah kita melihat fenomena tersebut? pastinya kita melihat fenomena ini dibanyak hal, bisa dari melihat teman, kerabat, dan sebagainya. Nyatanya memang benar kita bisa menurunkan berat badan tanpa harus olahraga lho! berikut caranya:

  • Biasakan untuk memakan makanan rendah lemak
  • Hindari makanan makanan tinggi gula
  • Kurangi makanan makanan rendah nutrisi
  • Konsumsi sayur sayuran secara rutin
  • Konsumsi buah buahan secara rutin

Lalu apakah adalagi cara selain cara diatas? iya ada cara lain yang bisa anda lakukan, yaitu melakukan defisit kalori!

Sebelum membahas tentang defisit kalori, ada baiknya untuk mengetahui apa itu kalori, bagaimana jika kelebihan dan bagaimana jika kekurangan.

Kalori adalah satuan atau nilai penunjuk sebarapa banyak energi yang dapat di peroleh dari makanan dan minuman. Mudahnya kalo itu adalah jumlah energi yang kita dapatkan dari makanan atau minuman, Contoh jika anda memakan 100 gram nasi misalnya, 100 gram nasi yang anda makan ini memberikan anda energi sebesar 129 kalori berdasar hitungan penghitung kalori secara umum.

Nah lalu bagaimana kita bisa turun berat badan? dan bagaimana berat badan kita bertambah? nah disinillah titik inti dari penjelasan ini, Kita akan turun berat badan saat kita dalam keadaan Defisit Kalori, artinya kita memakan makanan atau minuman yang melebihi kebutuhan kalori harian, misal kebutuhan kalori anda setiap hari adalah sebesar 2100 kalori, maka jika anda makan kurang dari 2100 kalori maka disitulah terjadinya defisit kalori, artinya kita makan kurang dari target kebutuhan kalori kita.

BACA JUGA :  Tips Memilih Lapangan Sepak Bola yang Tepat untuk Kegiatan Olahraga Anda

lalu bagaimana berat badan itu dapat bertambah? simple! hal ini terjadi pada fenomena sebaliknya dari defisit kalori, fenomena ini disebut dengan surplus kalori, surplus kalori terjadi saat anda makan diatas/lebih dari kebutuhan kalori anda, contoh jika kebutuhan kalori harian anda adalah 2100 dan anda makan atau minum melebihi 2100 kalori taruhlah makan/minum di 2300 kalori, artinya dari 2100 ke 2300 ada penambahan bukan? nah disinilah terjadinya pertambahan berat badan.

lalu harus bagaimana? 

Tentunya di dalam proses menurunkan berat badan bukanlah susah maupun dengan mudah, akan tetapi menurunkan berat badan itu membutuhkan proses yang tidak instant, karena secara logika sederhana yang dapat kita pikir, apakah kita menjadi gemuk atau kurus secara instant? tentunya tidak, semua membutuhkan waktu.

Oleh karena itu bidikindonesianews.com menghimbau dan menyarankan kepada masyarakat sekalian untuk tidak tertipu pada diet diet secara cepat dan instant, mungkin hal itu berhasil untuk anda, namun perlu diketahui juga hal itu melawan kodrat dan kenaturalan sistem di tubuh kita. jika memang ingin menurunkan berat badan, mulailah untuk membiasakan berolahraga rutin, makanlah makanan yang sehat dan tinggi nutrisi, istirahat yang cukup dan hal lain yang dapat mendukung program penurunan berat badan anda. Dan terakhir, sabar adalah kunci terpenting dalam proses menurunkan berat badan, jadi sabarlah dalam prosesnya, niscaya akan terlihat hasilnya suatu saat.

Semoga bermanfaat!