...

10 Tips Menjaga Kesehatan Hidung Yang Penting Untuk Diperhatikan

Hidung adalah salah satu indra perasa yang sangat berpengaruh bagi manusia. Untuk itu menjaga Kesehatan hidung sangatlah penting untuk menghindari permasalahan pada hidung. Bila hidung bermasalah, hal ini tentu akan membuat kamu tidak merasa lega saat bernafas. Hidung berfungsi untuk menghirup udara kemudian melewati sel saraf khusus untuk mendeteksi bau. Sel saraf tersebut disebut dengan olfaktori.

Selanjutnya, sel saraf olfaktori mengubah bau menjadi informasi dan mengirimkannya pada otak untuk diterjemahkan. Otak akan mengenali bau tersebut menjadi lebih spesifik, seperti harum bunga mawar atau bau sampah. Selain mendeteksi bau, hidung menyaring oksigen untuk dikirimkan ke seluruh tubuh. Rambut yang ada didalam hidung beerfungsi untuk membersihkan udara dari partikel asing.

Udara bersih tersebut bergerak melewati saluran hidung, dihangatkan, dan dilembapkan sebelum masuk ke paru-paru. Untuk menjaga hidung tetap sehat, ada beberapa tips menjaga Kesehatan hidung yang sangat berpengaruh ada Kesehatan hidung kita. Untuk lebih lanjut, yuk simak ulasannya di bawah ini!

  • Hindari Tempat yang Berpolusi

Tips menjaga Kesehatan hidung yang pertama yaitu menghindari tempat yang berpolusi. Asap rokok, asap kendaraan dan debu adalah musuh nyata bagi hidung kamu. Zat iritan tersebut dapat mengurangi efektivitas hidung untuk menyaring, menghangatkan dan melembapkan udara. Akibatnya, sinus akan bengkak dan tersumbat serta memicu timbulnya gejala alergi yang lebih buruk, bahkan berisiko mengalami sinusitis. Untuk mengurangi paparan zat tersebut, hentikan kebiasaan merokok. Sebisa mungkin untuk menjauh dari orang-orang yang merokok dan memakai masker hidung saat keluar rumah.

  • Kurangi Kebiasaan Mengupil

Dilansir dari Osborne Head and Neck Institute, kebiasaan mengupil dapat menyebabkan terbentuknya luka di septum atau tulang rawan di tengah hidung. Kondisi ini disebut dengan perforasi septum. Bahkan, mengupil dengan kuku yang kotor juga bisa meningkatkan risiko infeksi. Yang kemudian terbentuknya abses (benjolan kecil berisi nanah) di dalam hidung. Mengupil memang dapat menjadi solusi membersihkan hidung dari kotoran yang menyumbat. Namun, kebiasaan juga membuat hidung rentan mengalami iritasi. Hal ini dikarenakan hidung memiliki banyak pembuluh darah kecil yang amat rapuh. Ketika jari kamu masuk mengorek kotoran hidung, kuku kamu bisa mengenai pembuluh tersebut.yang menyebabkan pembuluh darah akan pecah dan menyebabkan mimisan. Begitu pembuluh darah pecah, proses penyembuhannya memakan waktu lama. Apalagi jika menyebabkan bagian dalam hidung luka, perlu beberapa minggu untuk sembuh total.

  • Banyak Minum Air Putih 

Tips menjaga Kesehatan hidung lainnya adalah dengan minum air putih yang cukup, karena menjaga agar hidung menghasilkan lendir yang normal. Hidung manusia akan memproduksi lendir atau ingus secara alami yang berfungsi untuk menjebak kotoran dari udara yang terhirup. Lendir hidung yang sehat biasanya bertekstur tipis, mengalir dengan lancar dan jumlahnya tidak terlalu banyak atau sedikit. Selain minum air putih, kamu juga bisa mengonsumsi jus buah atau susu. Namun ada beberapa produk susu pada yang menyebabkan lendir menebal dan rentan menyebabkan kemacetan di saluran hidung alias hidung tersumbat. Namun, hal ini hanya untuk Sebagian orang saja. Selain itu, alcohol juga dapat membuat lender yang di hasilkan menjadi lebih tebal lho!

  • Jaga Jarak Dengan Orang Sakit

Menghindari orang yang sedang sakit flu, batuk, dan pilek adalah hal yang sangat berpengaruh dalam menjaga Kesehatan hidung. Karena virus penyebab penyakit ini ada pada percikan air liur atau juga ingus dari penderita, sehingga akan semakin mudah menular ke manusia. Penularan ini bisa melalui udara yang kita hirup kemudian masuk ke hidung dan membuat saluran pernapasan menjadi terinfeksi. Untuk itu, jaga jaraklah dengan orang yang sedang terkena penyakit flu.

  • Mengghindari Penyebab Alergi

Bagi kamu penderita sinusitis tentu sudah lebih peka dengan adanya debu di sekitaranmu. Karena penderita sinusitis akan lebih sensitif dengan adanya debu, hawa dingin, bulu, serbuk sari, atau juga sesuatu yang lain. Untuk menandai adanya alergi terhadap benda-benda tersebut yaitu terjadinya flu yang secara tiba-tiba muncul atau juga gejala pilek dan bersin terus-menerus. Hal inilah yang membuat kesehatan hidung bahkan saluran pernafasan manusia dapat terganggu. Oleh karena itu, hindari hal-hal yang menyebabkan alergi.

  • Menjaga Kebersihan Tangan

Menjaga kebersihan tangan adalah tips penting menjaga Kesehatan saluran pernapasan kita. Karena tangan selalu  langsung berhadapan dengan banyak virus dan bakteri di permukaan benda. Oleh karena itu,  mencuci tangan dapat menjadi upaya pencegahan virus dan bakteri di tangan masuk melalui lubang hidung. Mencuci tangan yang baik dan benar adalah dengan menggunakan sabun. Sabun apa saja minimal 20 detik dan membilasnya menggunakan air yang mengalir. Selain itu, jika sulit menemukan sabun untuk mencuci tangan tentu bisa menggantinya menggunakan antiseptik.

  • Menjaga Udara Agar Tetap Lembab

Tips yang bisa kamu lakukan lagi yaitu menjaga kelembapan udara. Menjaga kelembapan udara sangatlah penting, karena udara yang kering sangat mungkin memicu terjadinya alergi dan juga dapat menyebabkan hidung mudah mimisan. Bahkan udara yang kering dapat membuat hidung kesulitan menyaring kotoran. Untuk membuat ruangan menjadi lebih lembap maka bisa menggunakan humidifier untuk kantor dan di rumah. Atau kamu juga bisa melakukannya dengan mandi atau berendam di air panas untuk semakin melembapkan sinus pada hidung.

  • Rutin Membersihkan Tempat – Tempar yang Berdebu

Debu dapat menjadi penyebab utama terjadinya infeksi pada hidung. Yang membuat silia hidung terlalu berat bekerja. Hal inilah yang membuat hidung menjadi cepat kotor. Oleh karena itu, lebih rajin membersihkan debu dengan mengganti taplak meja, seprei, selimut, baju, gorden minimal seminggu sekali, maka debu akan semakin sedikit dan lebih ringan jika harus dibersihkan lagi.

  • Rutin Membersihkan Hidung

Rajin membersihkan hidung menjadi salah satu tips menjaga Kesehatan hidung, namun bukan dengan mengupil menggunakan tangan. Kamu bisa menggunakan air garam atau semprotan salin, kemudian memosisikan kepala agak condong ke depan dan memiringkan sedikit ke arah kanan atau kiri. Lalu air salin atau air garam ke lubang hidung posisi atas saat kondisi kepala miring. Jika air dimasukkan dari kiri maka kepala harus miring ke kanan, begitu juga sebaliknya. Semprotkan pelan-pelan dan jangan dihirup, tetapi biarkan air keluar melalui lubang hidung satunya. Terakhir buang ingus yang keluar bersama air tetapi jangan terlalu kencang.

  • Tidak Mengupil di Sembarang Tempat

Tips menjaga Kesehatan hidung yang terakhir yaitu tidak mengupil di sembarang tempat. Hal ini bukan hanya terkesan jorok, melainkan juga tidak sopan. Saat menupil dengan jari, kitta tidak menyadari bahwa ada banyak sekali virus serta bakteri yang beterbangan di udara atau menempel di dinding, kursi, besi, kertas, atau juga kardus. Apalagi jika sembarangan menempelkan upil, misalnya di dinding, kursi, meja, dan lain sebagainya. Yang membuat virus dan bakteri semakin menyebar ke banyak orang.

Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *