...
5 cara agar akun keuanganmu aman
image source: pixabay.com

5 Cara Agar Akun Keuanganmu Aman

5 Cara Agar Akun Keuangan Aman – Di era teknologi yang kian maju ini tentunya segala hal menjadi mudah, mungkin dahulu untuk membayar suatu pesanan anda mesti pergi ke bank dan membayar sekian rupiah untuk membayar tagihan ataupun pesanan barang yang anda beli. Namun saat ini anda tidak perlu seperti itu, anda bisa membayar, memesan, dan melakukan kegiatan transaksi lainya hanya dengan beberapa tap tap dan klik dari jari anda. Namun tahukah anda bahwa dengan seiring kemudahan yang ada, kriminalitas dalam pembobolan akun dan sejenisnya pun hadir dengan mengintai beberapa kelemahan dan kelengahan anda. Untuk menjaga akun keuangan anda, bidikindonesianews.com kali ini merekomendasikan 5 cara agar akun keuanganmu aman.

5 Cara Agar Akun Keuangan Aman

Selalu Update Pembaruan Aplikasi Keuanganmu

Hal ini mungkin terlihat sepele dan terkadang diabaikan, padahal pembaruan pada sistem aplikasi umumnya untuk memberikan sistem keamanan baru yang mungkin memperbaiki sistem sebelumnya. Begitupun juga para pakar keamanan yang berada di institusi keuangan selalu memantau kondisi keamanaan sistemnya. Nah dengan melakukan update aplikasi berkala tentunya anda telah meminimalisir celah yang dapat digunakan oleh orang orang yang berniat tidak baik pada akun keuangan anda.

Jangan Pernah Share Data Apapun Kepada Orang Lain

Seiring dengan maraknya pertanyaan kemanan yang di syaratkan oleh banyak pengelola aplikasi keuangan, kerap kali data diri atau data yang berkaitan dengan anda dimanfaatkan oleh pihak pihak yang berniat buruk. Oleh karena itu selalu rahasiakan data diri anda, dan jangan pernah share di media sosial atau tempat manapun yang membahayakan data anda.

Selalu Perhatikan Keluar Dan Masuknya Uang

Perlunya tindakan ini adalah untuk mengecek siapa yang menggunakan uang ataupun uang yang anda miliki keluar karena sebab apa dan digunakan untuk apa, biasanya fitur ini sudah di lengkapi para penyedia aplikasi keuangan. Hal ini terlihat cukup remeh dan sederhana namun jika anda selalu mengeceknya setidaknya anda tau kemana uang itu keluar dan dari mana uang itu masuk. Sebagian orang terkadang tidak menyadari bahwa uang itu diambil oleh hacker dan para pelaku kejahatan keuangan. Maka dari itu, selalu cek berkala dan laporkan pada bank jika ada tindak mencurigakan pada akun keuangan anda.

Selalu Gunakan OTP dan 2 Factor Authentication

Mungkin disebagian keadaan hal ini cenderung membuat ribet ketika anda berada pada tempat yang kurang sinyal, namun cara keamanan ini dapat meminimalisir kejahatan pencurian uang dan semacamnya. Begitupun 2 Factor Authentication, metode keamanan ini juga berperan penting dalam mengamankan akun keuangan anda.

Dianjurkan Untuk Tidak Menyimpan Nomor Kartu Debit/Kredit Anda Pada Aplikasi Market Place

Menggunakan auto debit atau pembayaran otomatis lainya terlihat memudahkan memang, hanya saja anda perlu berhati hati karena tindakan ini bisa berpotensi sebagai celah kemanaan yang bisa di manfaatkan oleh hacker atau pihak pihak yang ingin berbuat tidak baik pada anda. Jika mereka masuk atau membobol akun marketplace anda, maka kemungkinan disalah gunakan oleh pihak pihak tidak bertanggung jawab tinggi. Jadi selalu perhatikan dan hati hati dalam menaruh nomor kartu kredit ataupun debit anda.

Demikian 5 cara agar akun keuanganmu aman yang dapat kami rekomendasikan untuk anda, perlu diketahui juga untuk para pemegang kartu debit dan kredit agar selalu merahasiakan nomor kartu dan tidak asal menyebutkanya pada pihak pihak yang mencurigakan. Semoga Bermanfaat!

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *