...
sepak bola
image source: pixabay.com

Beberapa Manfaat Berolahraga Sepak Bola Bagi Tubuh

bidikindonesianews.com – Sebagai salah satu olahraga paling populer di dunia, sepak bola menjadi olahraga yang disukai anak laki-laki. Tidak hanya sebagai hobi, ternyata banyak sekali manfaat dari bermain Sepak Bola yang baik untuk kesehatan. Berlari, melompat, dan menggiring bola merupakan gerakan yang dapat memberikan efek positif bagi tubuh. Lalu, apa saja manfaatnya?

Manfaat Bermain Sepak Bola yang Perlu Anda Ketahui

Ada banyak manfaat bagi tubuh dari bermain sepak bola yang bisa Anda dapatkan. Mulai dari memperkuat otot dan tulang, hingga meningkatkan fungsi jantung. Selain itu, olahraga ini juga bisa menghindarkan Anda dari gangguan mental, lho. Mari kita simak tujuh manfaat bermain sepak bola berikut ini:

1. Memperkuat Otot

Salah satu manfaat bermain sepak bola yang bisa Anda ketahui adalah otot-otot tubuh semakin kuat. Ya, saat bermain sepak bola, Anda membutuhkan otot untuk melakukan berbagai gerakan, seperti menendang, melompat, dan berlari. Tidak hanya otot kaki, tubuh bagian atas juga dibutuhkan untuk olahraga yang satu ini. Memegang lawan, melindungi bola, melempar ke lapangan, bisa membuat otot lengan dan persendian bagian atas menjadi lebih terlatih.

2. Jantung Sehat

Pemain dengan posisi tertentu dalam sepak bola diharuskan untuk mengejar atau menggiring bola agar tidak diambil oleh lawan. Aktivitas ini dapat mengoptimalkan kinerja jantung. Dikutip dari website kami, lari merupakan salah satu olahraga yang dapat menyehatkan organ kardiovaskular, termasuk jantung.

Sama seperti latihan olahraga lainnya, sepak bola dapat menjaga detak jantung Anda agar tetap normal dan stabil. Dengan begitu, potensi berbagai penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke bisa diminimalisir.

3. Mencegah Osteoporosis

Dengan bertambahnya usia, tubuh manusia akan banyak mengalami penurunan fungsi, termasuk tulang. Tulang akan kehilangan kepadatannya, sehingga kehilangan kekuatan untuk menopang tubuh. Anda bisa mencegahnya dengan bermain sepak bola. Bermain sepak bola dapat membantu Anda menjaga kepadatan tulang. Menurut kami, jarang berolahraga dapat mengurangi aktivitas pembentukan tulang baru. Dengan demikian, osteoporosis akan rentan terhadap serangan.

4. Merangsang Kemampuan Kognitif

Tak hanya fisik, sepak bola juga membawa manfaat bagi kesehatan otak. Sebab, saat melakukan olahraga ini, Anda dituntut untuk berkonsentrasi. Belum lagi, permainan yang serba cepat membuat Anda harus mengambil keputusan sesegera mungkin.

Misalnya, apa yang harus dilakukan setelah menerima operan, mempertahankan area sendiri saat lawan menyerang, dan mencari rekan satu tim untuk mengoper bola. Semua hal ini membutuhkan keputusan segera. Jika Anda sering bermain sepak bola, otak Anda akan terbiasa berpikir cepat.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Sepak bola adalah olahraga yang bagus untuk membakar lemak di dalam tubuh. Gerakan masif dapat memicu keringat, mengoptimalkan pembakaran nutrisi yang sering menyebabkan obesitas. Sepak bola sendiri menuntut para pemainnya, kecuali penjaga gawang, untuk terus mengejar dan menggiring bola.

Olahraga sepak bola ini dapat membakar kalori dan lemak di dalam tubuh. Perlu diingat, setiap hari, tubuh Anda mendapat kalori dari makanan. Jika tidak ada pembakaran, akumulasi kalori dapat menyebabkan obesitas.

6. Meredakan Stres

Menurut sebuah penelitian, olahraga memiliki hubungan erat dengan berbagai hormon dalam tubuh, seperti endorfin, dopamin, dan serotonin. Ketiga hormon ini berperan dalam mengubah suasana hati menjadi senang, gembira, dan bahagia. Ketika kadar ketiganya meningkat, berbagai gangguan kecemasan dapat diminimalkan, seperti stres atau depresi.

7. Membantu Menstabilkan Tekanan Darah

Sirkulasi darah yang lancar membuat tekanan darah terjaga dan stabil. Sangat penting untuk memiliki tekanan darah yang normal, agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang beberapa manfaat berolahraga Sepak Bola bagi tubuh, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *