...

10 Tips Menjaga Kesehatan Ginjal Yang Bisa Kamu Mulai Dari Sekarang

Ginjal adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, kita harus tahu bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal. Dengan menjaga Kesehatan ginjal, tentu kita dapat menghindari tubuh dari penyakit yang berbahaya. Ginjal berfungsi untuk menjaga keseimbangan air dan zat-zat lain di dalam tubuh kita. Ginjal terdiri dari 2 organ berbentuk seperti kacang merah yang terletak di kedua sisi tulang belakang dan di tengah punggung.

Ada beberapa macam-macam penyakit ginjal yang sering terjada dan dapat menyerang Kesehatan tubu, seperti Penyakit Ginjal Kronis, Glomerulonefritis dan lainnya. Oleh karena itu, menjaga kesehatan ginjal sangatlah penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Dengan melakukan cara menjaga kesehatan ginjal, tubuh akan menyaring dan membuang kotoran dengan baik. Sehingga, tubuh akan menghasilkan hormon untuk membantu seluruh sistem berfungsi dengan baik. Bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal? Berikut ulasannya:

  • Minum Air Putih Yang Cukup

Untuk menjaga kesehatan ginjal, sangat dianjurkan banyak minum air putih. Ginjal yang berfungsi untuk menyaring darah, ginjal juga berperan dalam proses produksi urine. Oleh karena itu, air putih sangat membantu proses ekresi zat beracun pada ginjal dan dikeluarkan melalui urine. Dengan minum air putih yang cukup dapat meringankan kerja ginjal dalam memproduksi urine. Sangat disarankan untuk minum air putih yang cukup, minimal 2 liter sehari. Jika air sudah cukup untuk tubuh, lihat dari warna urine. Jika seperti jerami, atau bahkan lebih gelap, itu mungkin tanda dehidrasi. Saat cuaca panas, saat bepergian di negara panas atau saat berolahraga berat, kamu juga perlu minum lebih banyak air dari biasanya untuk mengganti cairan yang hilang karena berkeringat.

  • Makan Makanan Yang Sehat dan Bergizi

Berfungsi sebagai sarana penyaring darah, masalah kesehatan pada organ tubuh tersebut sering kali disebabkan oleh penyakit yang berhubungan dengan darah dan pembuluh darah, seperti penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi (hipertensi). Penyakit ttersebut dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat. Oleh karena itu, menjaga kesehatan ginjal yang paling sederhana adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Dengan  mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, seperti mengonsumsi buah dan sayuran juga dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal. Selain itu, kamu juga bisa memilih makanan untuk kesehatan ginjal yang mengandung kandungan ion seimbang.

10 Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

  • Berhenti Merokok

Merokok dan mengonsumsi alkohol berlebih adalah gaya hidup yang sangat tidak sehat dan dapat mengganggu kesehatan ginjal. Kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol berlebihan ini dapat memicu naiknya tekanan darah dan memengaruhi kesehatan ginjal. Selain itu, rokok juga diketahui mengandung zat beracun yang dapat menghambat peredaran darah. Ketika peredaran darah terhambat, ginjal jadi perlu bekerja ekstra untuk menyaringnya. Saat merokok, jantung akan bekerja lebih keras agar darah terpompa dan bisa meningkatkan risiko hipertensi yang menjadi penyebab sakit ginjal. Oleh karena itu, sebaiknya berhentilah merokok sesegera mungkin untuk menjaga kesehatan ginjal.

  • Cek Tekanan Darah

Tahukah kamu, bahwa Tekenan darah yang tinggi memang menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan ginjal. Menjaga tekanan darah menjadi yang pentting lainnya agar tetap stabil sebagai cara menjaga kesehatan ginjal. Untuk menjaga kestabilan menjaga tekanan darah, kamu dapat mencukupi waktu tidur, membatasi asupan garam agar tidak lebih dari 2.000 miligram atau sekitar 1 sendok teh per hari, mengelola stress dan lain sebagainya. Apabila kamu mengidap penyakit dasar yang menyebabkan darah tinggi, sebaiknya lakukan pengobatan dan penanganan gangguan kesehatan tersebut agar tidak menyebabkan komplikasi ke organ tubuh lainnya.

  • Menjaga Berat Badan Ideal

Memiliki berat badan yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah, yang berdampak buruk bagi ginjal. Oleh karena itu, penting menjaga berat badan tetap sehat dengan tetap aktif dan tidak makan berlebihan. Indeks massa tubuh (BMI) adalah cara yang berguna untuk memeriksa apakah kamu memiliki berat badan yang sehat. Kamu dapat menggunakan kalkulator berat badan sehat untuk meghitung BMI. Lakukanlah setidaknya 150 menit latihan intensitas sedang, seperti berjalan kaki, bersepeda atau berenang, setiap minggu untuk mengembalikan berat badan ke angka ideal.

  • Rajin Berolahraga

Berolahraga menjadi salah satu kunci utama untuk menjaga Kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk ginjal dan organ-organ lainnya. Pasalnya, olahraga teratur dapat membantu tubuh mengontrol tekanan darah, glukosa, dan kadar kolesterol. Ketiganya komponen tersebut adalah hal yang perlu dikendalikan untuk mencegah penyakit ginjal. Kamu tidak perlu melakukan olahraga berat, karena ada banyak jenis aktivitas fisik lainnya yang mudah dilakukan, seperti jalan santai, bersepeda, hingga menari. Cobalah untuk menemukan olahraga yang membuat kamu senang sekaligus menyehatkan bagi tubuh.

  • Kurangi Mengonsumsi Obat-Obaan

Terlalu sering mengonsumsi obat-obatan dengan jumlah yang banyak dapat merusak ginjal kamu. Hal ini karena ginjal berperan dalam pembuangan sisa-sisa obat dari tubuh. Obat-obatan seperti obat NSAID dan pencahar perlu diminum seusai dengan rekomendasi dokter demi menjaga kesehatan ginjal kamu. Oleh sebab itu, jangan pernah sembarangan mengonsumsi obat. Pasalnya, penyakit ginjal bisa muncul akibat terlalu lama dan terlalu banyak minum obat-obatan dari yang dianjurkan.

  • Membatasi asupan garam

Makanan yang mengandung tinggi garam aau sodium bisa menaikkan tekanan darah? Ila kamu merasa tttekanan darahmu tinggi tiba-tiba, hal tersebut dapat merusak pembuluh darah dan memberatkan kerja ginjal. Bahkan, hipertensi juga disebut sebagai penyebab utama gagal ginjal. Oleh sebab itu, mulailah mematasi asupan garam sebagai upaya mencegah penyakit ginjal dan membuatnya tetap sehat. Ada banyak rempah-rempah pilihan yang dapat menggantikan sodium, seperti bawang. Kandungan quercetin pada bawang pun juga dapat menjaga kesehatan ginjal dengan membantu mengoptimalkan fungsi ginjal saat menyaring darah.

  • Diet Rendah Protein

Menonsumsi terlalu banyak protein ternyata dapa berdampak buruk untuk kesehatan tubuh, terutama ginjal. Hal ini dikarenakan protein yang dikonsumsi dicerna dan dipecah menjadi asam amino oleh tubuh menggunakan bantuan enzim. Setiap bagian tubuh memerlukan jumlah asam amino yang berbeda-beda. Apabila protein telah selesai dicerna, sisanya akan diproses oleh ginjal dan dibuang lewat urine. Semakin banyak protein yang harus dicerna oleh tubuh, semakin banyak pula asam amino yang perlu disaring oleh ginjal. Akibatnya, ginjal harus bekerja lebih keras. Maka dari itu, diet rendah protein dapat menjadi salah satu cara yang cukup efektif merawat ginjal agar tetap sehat. Ada beberapa pilihan makanan sehat dengan kandungan protein yang cukup untuk tubuh, seperti daging ikan dan putih telur.

  • Cek dan Kontrol Gula Darah

Pemeriksaan ini merupakan hal yang penting terutama bagi yang berusia mendekati 40 tahun ke atas. Karena kebanyakan orang tidak menyadari bahwa mereka menderita diabetes. Ada baiknya gula darah dapat diperiksakan secara rutin. Sekitar setengah dari populasi penderita diabetes menderita penyakit ginjal, namun hal ini dapat dicegah jika kita mengontrol gula darah dengan baik.

Yuk, mulai peduli dengan organ tubuh dengan menjaga Kesehatan mulai saat ini! semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *