...

10 Manfaat Mengkonsumsi Jahe

Tanaman jahe memiliki manfaat yang banyak untuk Kesehatan tubuh. Jahe merupakan salah satu rempah-rempah berkhasiat baik untuk Kesehatan yang sudah di kenal sejak jaman dahulu. Jahe kerap dijadikan obat herbal yang dapat menangani berbagai penyakit.

Jahe adalah tanaman herbal yang termasuk anggota Zingiberanceae karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti menurunkan mual, mengurangi nyeri haid, membantu meredakan kembung, menurunkan kolesterol dan gula darah, membantu melawan penyakit jantung, berat badan, meredakan pusing, stroke, memperkuat sistem imun, hingga mencegah penuaan dan banyak lagi.

Selain itu jahe juga dapat menjadi bumbu yang menambah kelezatan dan kehangatan dalam masakan. Dan memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah kegunaan jahe untuk pencernaan.

Apakah masih ada manfaat jahe bagi kesehatan lainnya? Manfaat jahe tidak terbatas pada membantu gangguan pencernaan dan mengusir rasa dingin. Bumbu dapur yang satu ini memiliki berbagai manfaat lainnya. Untuk mengetahui lebih jelas tentang manfaat tanaman jahe untuk tubuh, yuk cari tahu apa saja lagikah manfaat jahe untuk tubuh sebagai berikut ini:

  • Mengatasi Nyeri Sendi

Manfaat jahe untuk tubuh yang pertama yang itu jahe dapat mengurangi nyeri sendi baik akibat asam urat ataupun osteoartritis. Jahe yang biasa digunakan yaitu jahe merah. Selain mengurangi nyeri sendi, jahe merah juga dapat membantu mengurangi kadar asam urat pada darah.

Penyakit asam urat biasanya terjadi karena penumpukan asam urat di persendian sehingga menimbulkan peradangan dan nyeri. Di sini jahe, terutama jahe merah berperan untuk mengurangi peradangan pada sendi dan menghilangkan tumpukan asam urat dengan cara memperlancar sirkulasi darah.

Bahkan, kompres jahe merah juga dapat mengurangi peradangan lho! Hal ini di karenakan jahe merah  mampu menurunkan kadar prostaglandin dan leukotrien pada pasien asam urat lansia. Pada osteoartritis, jahe merah dapat mengurangi nyeri dan disabilitas secara signifikan. Hal ini didapatkan dari efek anti inflamasi jahe merah dan dapat dirasakan dengan konsumsi 500 mg-1 gr jahe merah setiap hari selama 3-12 minggu.

  • Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan mungkin menjadi keluhan banyak orang hingga saat ini, di karenakan terasa sangat susah untuk dapat mengembalikan berat badan ke semula. Namun, dengan Minuman jahe kamu bisa merasa kenyang, sehingga hal tersebut dapat memengaruhi berat badan.

Sebuah penelitian terhadap sepuluh pria menunjukan bahwa rutin minum air jahe panas setelah sarapan dapat menimbulkan rasa kenyang lebih lama daripada makan pagi. Oleh karena itu, British Journal of Nutrition melaporkan bahwa tanaman ini dapat mengendalikan kolesterol dan meningkatkan metabolisme, sehingga tubuh lebih efektif dalam membakar lemak. Walaupun demikian, perlu adanya penelitian lanjutan terkait manfaat jahe dalam menurunkan berat badan.

  • Meredakan Nyeri Haid

Banyak Wanita yang mengeluh merasakan nyeri saat datang bulan. Nah, kamu bisa memanfaatkan minuman jahe untuk meredakan nyeri haid, karena hal ini telah dibuktikan secara ilmiah. Bahkan, suatu penelitian menyatakan bahwa minuman jahe tak kalah ampuh dari obat antinyeri lainnya dalam mengatasi nyeri haid. Studi terkenal menunjukan bahwa jahe sebagai pereda nyeri lebih unggul dari plasebo dan sama efektifnya dengan obat-obatan seperti asetaminofen dan mefenamat.

  • Membantu Meredakan Kembung atau Masuk Angin

Kembung dan masuk angin biasanya terjadi dimana perut kosong, untuk mengatasinya biasanya kamu mengoleskan minyak angin dan sebagainya. Selain itu kamu bisa memanfaatkan tanaman jahe untuk membantu meredakan kembung. Kembung disebabkan oleh beberapa faktor seperti makan terlalu banyak, sembelit, sering mengonsumsi makanan berlemak, merokok, hingga mengonsumsi minuman beralkohol.

Apabila kerap mengalami perut kembung akibat masuk angin atau gangguan pencernaan lain, cobalah untuk mengonsumsi secangkir teh jahe. Secangkir teh jahe dipercaya dapat membantu mengosongkan perut Anda yang telah dipenuhi oleh makanan.

  • Dapat Menurunkan Kolesterol dan Gula Darah

Banyak yang mungkin belum mengetahui bahwa salah satu manfaat tanaman jahe yaitu membantu menurunkan kolesterol. Kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan masalah jantung dan pembuluh darah, hingga dapat meningkatkan pembentukan kristal empedu yang dapat mengeras menjadi penyakit batu empedu.

Selain itu, jahe memiliki manfaat yang lain untuk tubuh tanaman jahe juga bermanfaat untuk menurunkan gula darah bagi penderita diabetes hingga menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

  • Meredakan Pusing dan Mual

Manfaat tanaman jahe berikutnya yaitu meredakan pusing dan mual. Jika kamu sedang merasakan gejala pusing yang diikuti rasa mual, kamu bisa mencoba  untuk mengonsumsi jahe. Jahe dipercaya dapat membantu meredakan pusing serta mual. Selain itu, rasa mual yang dialami oleh ibu hamil juga dapat diatasi dengan menggunakan jahe. Seperti yang diketahui, ibu hamil terkadang merasakan gangguan seperti sakit perut biasa, mual, hingga morning sickness.

  • Anti Penuaan dan Kanker

Jahe di kenal dengan bersifat anti-inflamasi dan anti-oksidatif yang dapat mengendalikan proses penuaan. Kelebihan jahe lainnya, yaitu tanaman herbal ini juga memiliki potensi antimikroba yang dapat membantu dalam mengobati penyakit menular. Bahkan, jahe disebut-sebut memiliki manfaat yang dapat mencegah berbagai kanker.

Akan tetapi, ada satu hal yang mesti digarisbawahi. Menurut jurnal di atas, meski potensi antikanker jahe telah terdokumentasi dengan baik, tetapi manfaat jahe terhadap kanker masih membutuhkan penelitian lebih lanjut sebelum mengklaim kemanjurannya.

  • Menangkal Infeksi Bakteri dan Virus

Manfaat jahe untuk tubuh berikutnya yaitu untuk menangkal infeksi bakteri dan virus tertentu. Hal ini di karenakan adanya kandungan gingerol dalam jahe yang dipercaya dapat menghambat infeksi bakteri.

seperti shigella, E.coli dan lainnya. Bukan hanya itu saja, manfaat jahe untuk tuuh bisa meningkatan sistem imun tubuh, sehingga dapat mencegah kerusakan DNA dan stres. Bahkan jika kamu minum jahe secara rutin juga bisa membantu mengatasi pilek dan flu.

Bumbu dapur jahe juga ditemukan bisa menangkal infeksi virus RSV yang menyerang saluran pernapasan. Bahkan, sebuah penelitian mendapati bahwa jahe berpotensi untuk mencegah infeksi bakteri yang resisten terhadap obat. 

  • Memperkuat Sistem Imun

Jika kamu memiliki system imun yang rendah, kamu bisa memperkuatnya dengan mudah. Kamu dapat memanfaatkan jahe secara rutin. jahe diyakini mengandung banyak vitamin C dan magnesium. Kandungan ini membuatnya membantu tubuh untuk memperkuat sistem imun. Selain kedua zat tersebut, jahe juga memiliki kandungan gingerols, shogaols dan zingerones yang dapat berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh.

  • Meningkatkan fungsi otak

Jahe juga memiliki manfaat yang dapat meningkatkan fungsi otak dan berpotensi menjadi obat untuk penyakit Alzheimer. Berdasarkan sebuah riset menemukan bahwa jahe dapat meningkatkan fungsi kognitif pada wanita yang berusia 50 tahunan. Sementara itu, studi terhadap tikus mendapati bahwa jahe bisa meningkatkan fungsi kognitif dan melindungi saraf otak. Meskipun demikian, masih diperlukan penelitian tambahan untuk mengetahui efektivitas jahe sebagai obat untuk Alzheimer.

  • Meringankan gejala arthritis

Manfaat jahe yang terakhir untuk tubuh yaitu meringankan gejala arthritis. Salah satu gejala arthritis adalah pembengkakan pada persendian. Jahe ditemukan mampu mengurangi pembengkakan akibat artritis dengan ditempelkan pada kulit ataupun dikonsumsi. Salah satu jenis arthritis yang bisa diatasi adalah osteoarthritis.

Semoga Bermafaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *