...

10 Rekomendasi Website Platform Belajar Programming Yang Banyak Di Gunakan

Coding adalah sekumpulan kode berupa bahasa pemrograman tertentu atau sebuah kegiatan menulis script dalam proses pengembangan suatu program komputer. Dengan kemajuan era digital, banyak orang tertarik belajar coding. Bahkan program belajar coding sudah tersedia untuk anak. Jika kamu ingin menjadu programmer? Kamu tidak harus kuliah. Kamu bisa mengambil kursus pemrograman. Jika kurang budget, kamu juga bisa belajar coding otodidak dari internet.

Saat ini tersedia banyak platform khusus di internet yang bisa membantu kamu belajar pemrograman secara gratis. Banyak yang sudah familiar dengan pemrograman pun masih memanfaatkan platform-platform tersebut menambah pengetahuan mereka. Berikut ini ada beberapa sumber belajar coding secara gratis untuk kamu yang ingin berkarir menjadi programmer, kamu bisa memanfaatkan dengan menggunakan sumber-sumber berikut ini.

  • Hackr.io

Pertama, kamu bisa menggunakan Hackr.io untuk belajar programming. Hackr.io merupakan sebuah website belajar coding yang memberikan banyak pilihan bahasa yang dapat kamu pelajari. Saat membuka website ini pertama kali, kamu akan langsung bisa memilih bahasa pemrograman atau kategori apa yang kamu inginkan. Setelah itu, Hackr.io akan menampilkan banyak kursus yang bisa kamu pilih sesuai tingkat kemampuan dan kebutuhan.

Hackr.io memiliki kelebihan yaitu adanya roadmap yang membantu kamu untuk belajar dengan lebih terarah hingga mampu mencapai tujuan pembelajaran. Website ini juga akan memberikan kamu akses secara gratis, kamu bisa mendapatkan layanan premiumnya tetapi berbayar.

  • W3Schools

Belajar programming berikutnya yaitu W3Schools. Website ini menyediakan ratusan materi belajar coding gratis untuk kamu. Pembelajaran di platform ini ditujukan untuk pengguna dari berbagai kalangan, mulai dari pemula hingga yang sudah berpegalaman.

Web ini memiliki sloga khususnya ‘The World’s Largest Web Developer Site’. Bagi kamu para pemula yang ingin belajar programming, maka  W3Schools sangat cocok untuk kamu! Karena tersedia banyak bahasa pemrograman yang tersedia di platform ini, dan semuanya dapat kamu pelajari secara gratis.

  • Codecademy

Website berikutnya ada Codecademy yang merupakan platform interaktif berasal dari Amerika Serikat. Codecademy memiliki tujuan untuk membantu penggunanya belajar coding online dengan mudah. Codecademy juga memberikan materi yang sangat komprehensif dan cocok untuk pemula. Kamu bisa mempelajari 12 bahasa pemrograman yang berbeda mulai dari Phyton, Java, Go, JavaScript, Ruby, SQL, C++, C#, dan banyak lagi di website ini dan semua Materi tersebut dapat kamu akses secara gratis, tanpa biaya!

  • Solo Learn

Kamu bisa belajar coding gratis dengan Solo Learn yang memberikan banyak pilihan bahasa pemrograman untuk kamu pelajari, seperti Ruby, jQuery, Swift, PHP, SQL, JavaScript, Phyton, dan masih banyak lagi. Solo Learn juga memiliki Playground yang memungkinkan kamu untuk berkolaborasi dan membagikan kode kamu dengan orang lain, sehingga kamu tidak akan merasa sendirian saat belajar.

Selain itu, pengguna lain dapat memberikan saran atau turut mengembangkan kode tersebut bersama kamu. Menariknya, Solo Learn adalah website ini juga mobile-friendly. Yang mana sangat cocok untuk kamu yang ingin belajar coding melaui smartphone!

  • Code Avengers

Website belajar coding gratis lainnya yang dapat kamu coba selanjutnya yaitu Code Avengers. Website ini mementikang cara belajar yang interaktif dan menyenangkan, sehingga kamu tidak akan merasa bosan dan lebih mudah konsisten menggunakannya. Menariknya, Code Avengers tersedia di berbagai bidang pemrograman spesifik yang bisa kamu sesuaikan dengan inginkan. Mulai dari game, pemrograman website, aplikasi semuanya dapat kamu pelajari di platform ini. Code Avengers juga memiliki komunitas yang memungkinkan kamu untuk berbagi dengan sesama programmer atau orang-orang yang sedang mempelajari bidng ini.

  • EdX

Website terpercaya yang sudah digunakan oleh jutaan pengguna dari seluruh dunia. EdX merupaka website belajar coding gratis yang bekerjasama dengan berbagai universitas top di dunia seperti Boston University, Harvard University, MIT, dan lain-lain. Sehingga, materi yang ada di website ini memang terpercaya karena disusun sendiri oleh orang-orang yang berpengalaman di bidangnya.

Menariknya, kamu bukan hanya bisa menggunakanedX untuk belajar pemrograman saja, disini kamu juga bisa menguasai skill lain lewat berbagai kursus yang ada di platform ini. Untuk belajar pemrogrman, kamu bisa memilih kategori ‘Computer Science’, lalu memilih kursus yang sesuai dengan yang kamu inginkan.

  • Free Code Camp

Free Code Camp mungkin cocok untuk kamu yang suka belajar bersama dengan orang lain. Karena  Website belajar online yang satu ini memiliki komunitas belajar bahasa pemrograman yang memungkinkan kamu untuk belajar pemrograman bersama pengguna lain. Free Code Camp juga menyediakan berbagai challenge untuk kamu ikuti jika ingin menguji kemampuan coding kamu. Di platform ini, kamu bisa belajar berbagai bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, JavaScript, Node.js, React,js dan lain-lain.

  • MIT Open Courseware

MIT dalah salah satu universitas terbaik di dunia, terutama untuk bidang teknologi. Membangun MIT OpenCourseWare dengan tujuan membuka kesempatan belajar ilmu teknologi untuk semua orang, bahkan yang tidak bisa menimba ilmu di universitas tersebut. Oleh karena itu, materi-materi yang disediakan di website belajar coding satu ini tidak perlu kamu ragukan lagi.

MIT OpenCourseWare memungkinkan kamu untuk memperoleh pembelajaran dengan standar internasional setingkat MIT. Ada berbagai bahasa pemrograman yang bisa kamu pelajari di platform ini seperti C++, Java, Phyton, Ruby, dan lain-lain.

  • Coursera

Website belajar programming gratis online gratis yang menawarkan berbagai kelas pemrograman yang setara dengan kurikulum perkuliahan. Di Cousera kamu dapat mengambil beberapa kelas dengan jadwal dan waktu fleksibel yang dapat disesuaikan dengan kesibukan kamu. Kamu akan mendapatkan sertifikat yang menyatakan bahwa kamu telah menguasai bahasa pemrograman, jika kamu berhasil menyelaseikan tahap belajarnya.

Cousera sudah berkerja sama dengan berbagai universitas dan perusahaan terkemuka, agar dapat menghadirkan pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan saat ini. bukan hanya itu, kamu juga berkesempatan belajar dengan pengajjar universitas terkemuka itu. Ada banyak subjek yang tersedia di Coursera. Untuk belajar coding, pastikan kamu memilih kursus di bidang pemrograman. Ada banyak kursus yang bisa kamu akses secara gratis. Tapi kamu harus membayar jika ingin mendapatkan sertifikat dari Coursera.

  • Udemy

Website lainnya yang bisa kamu coba untuk belajar coding lainnya yaitu Udemy. Website satu ini dirancang khusus untuk para profesional yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mereka. Kamu tidak perlu khawatir, karena Undemy menyediakan beberapa kelas gratis dengan kelengkapan tutorial untuk mempermudah pembelajaran kamu.

Udemy merupakan platform kursus online dengan koleksi kursus terbanyak. Walau rata-rata kursusnya berbayar. Tapi ada beberapa juga yang gratis. Biasanya yang gratisan membahas materi-materi dasar. Kamu bisa langsung melakukan pencarian dan atur filter bagian Price menjadi free. Yang mana kamu akan mendapat materi kursus berupa video.

Berminat untuk belajar Programing? Jika iya, semoga artikel diatas beranfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *