...

10 Rekomendasi Website Belajar Desain Grafis Tanpa Biaya

Desain grafis adalah salah satu seni komunikasi visual yang menggunakan gambar sebagai penyampai informasi atau pesan. Desain adalah metode perancangan keren yang dilandasi dengan kreatifitas, sedangkan grafis adalah ilmu dari perancangan titik maupun garis sehingga akan membentuk sebuah gambar yang dapat memberikan informasi. Oleh karena itu, seorang graphic designer adalah seseorang yang dapat mengkomunikasikan ide-ide dengan menciptakan konsep visual melalui gambar, tulisan, dan juga grafik menggunakan aplikasi komputer.

Desain grafis merupakan salah satu pekerjaan yang banyak dibutuhkan orang-orang saat ini. seperti untuk website, media sosial dan lainnya lainnya. Tidak harus menjadi sarjana DKV, untuk bisa berkerja sebagai desain grafis, karena kamu bisa belajar desain grafis secara otodidak. Kamu bisa belajar desain grafis secara online. Jika kamu tertarik mempelajari tentang desain grafis, Kamu bisa memanfaatkan berbagai sumber karena kini sudah banyak sekali situs-situs yang bisa kamu manfaatkan untuk mengasah kemampuan desain grafis.

Jika kamu ingin tahu apa saja situs belajar desain grafis secara online, berikut ini beberapa website penyedia layanan belajar desain grafis. Yuk, simak artikelnya!

  • Canva Design School

Dikhursus Canva Design School kamu bisa belajar dasar-dasar desain grafis. Sudah tersedia 12 materi siap dibahas, yang masing-masing mencakup elemen dasar desain grafis dengan cara praktiknya. Kamu bisa mendapatkan pengetahuan desain yang penting untuk menentukan pesan apa yang akan kamu sampaikan melalui desain, color wheel, membuat moodboard, dasar-dasar tipografi, dan banyak lagi. Belajar desain grafis online di website ini sangat cocok untuk kamu para pemula.

  • Coursera

Cousera hadir dengan system belajar standar luar negeri. Yang mana Institut Seni California memiliki program khusus desain grafis secara gratis melalui Coursera. bagi pemula tersedia 5 kursus yang akan dibimbing langsung oleh pengajar di CalArts. Selain itu, kamu akan mendapatkan wawasan dari para profesional industri. Kamu akan diajarkan keterampilan dasar yang diperlukan untuk memulai karir sebagai desainer grafis, seperti bagaimana cara berkomunikasi secara efektif dengan visual dan mendapatkan pemahaman tentang bagaimana desain grafis berperan dalam bidang lain seperti desain antarmuka, animasi, dan desain editorial.

  • Alison Online 

Berikutnya ada Alison Online yang dapat menjadi tempat belajar kamu baik untuk pemula maupun tingkat lanjut. Ada berbagai macam materi yang disediakan yang dapat kamu pilih di situs ini secara gratis. Selain itu, dengan membayar 20 USD, kamu bisa mendapatkan sertifikat digital kursus lho! Dan 100 USD untuk jenis sertifikat berbingkai. Semua materi belajar desain grafis di sini berbentuk slide sehingga materinya lebih pendek dan mudah untuk dimengerti.

  • Idesainesia (idesainesia.com)

Idesainesia merupakan personal blog yang berfungsi untuk berbagi berbagai hal mengenai desan grafis. Walaupun hanya personal blog, website ini memberi kesempatan bagi yang ingin meningkatkan kekereatifan terutama di bidang desain grafis. Juga berbagi wawasan melalui tulisan.  Ada berbagai macam informasi yang bisa kamu dapatkan di web ini. pada umumnya, terdapat 6 kategori besar konten yang disediakan, yaitu Design News (berisi informasi tentang acara dan lomba desain), Freebies (berisi artikel mengenai photoshop tools, vektor, brush, font, plugin, dan tekstur), Tutorial (berisikan konten terkait CorelDraw, Illustrator, dan Photoshop), Inspirasi (berisi konten inspiratif tentang artwork, fotografi, logo, dan tipografi), Resources (berisi konten mengenai studi kasus, opini, e-book, opini, dan artikel desain), dan IDSN Magz (majalah Idesainesia).

  • Teksnologi (teksnologi.com)

Situs web yang sudah dibuat sejak tahun 2015, yang bertujuan untuk mengedukasi penggunaan internet untuk hal-hal positif dan bermanfaat. Website ini memberikan berbagai informasi mengenai dunia teknologi dan hiburan digital. Ada 3 konten yang dibagi di Teksnologi, yaitu tutorial komik, sepeda dan desain grafis. Khusus untuk desain grafis, kamu akan mendapatkan info bagaimana merancang grafis mulai dari paling dasar, seperti pengertian dan jenis-jenis desain grafis hingga tools, aplikasi dan teknis, seperti warna RGB dan CMYK, raster dan vector dan banyak lagi.

  • Ilmu Grafis (ilmugrafis.com)

Ilmu Grafis adalah situs yang menyediakan artikel dan tutorial bagaimana merancang grafis dengan lengkap untuk para pemula, menengah, hingga yang sudah mahir. Beberapa software yang dibahas, seperti InDesign, AutoCAD, 3DS Mas Max Studio, CorelDraw, Dreamwaver, Ms Paint, Illustrator dan banyak banyak lagi. di website ini kamu akan lebih cepat paham karena pengelompokan subbidang yang disajikan. Ilmu Grafis membagi kontennya dalam beberapa kategori, seperti Web Design, Arts, Fotografi, Photoshop, Video Editing, Publishing, dan lain-lain.

  • Freepik

Tentu sudah tidak asing lagi sama website yang satu ini yang membahas tentang desai. Freepik memyediakan berbagai-macam gambar dengan beragam format juga. Mulai dari foto, ikon ilustrasi, dan gambar vektor. Kamu juga dapat mengunduh gambar yang kamu inginkan di format EPS (Encapsulated PostScript), AI (Adobe Illustrator) dan SVG (Scalable Vector Graphics), gratis. Ada juga jenis gambar yang premium dan kamu harus membayar jika ingin menggunakan gambar tersebut. Yang membuat Freepik menjadi salah satu website favorit para desainer karena menyediakan lebih dari 815.000 gambar atau karya lain.

  • DrawKit

Drawkit adalah ilustrator dan designer Australia. Di web ini kamu dapat mendesain dan menemukan banyak ide desain dan ikon yang bisa kamu gunakan. Kamu akan diberi tahu bahwa kamu dapat mengunduh gambarnya secara gratis pada halaman depan website DrawKit. Website ini juga berkerja sama dengan berbagai perusahaan besar seperti Google, Amazon, dan perusahaan lainnya.

  • Massachusetts Institute of Technology

MIT atau Massachusttes Institute od Technology adalah sebuah Universitas terkenal yang sering memberikan kursus online kepada siapapun. Selain itu, yang mengajar adalah para pengajar akademik. Dan belajar desain grafis di situs MIT ini tidak berbayar. Semua materi diberikan secara gratis.  Selain memberikan materi tentang desain grafis, banyak juga materi lainnya untuk mengasah skill. Materinya seperti web coding, sehingga situs belajar online ini memang ditujukan untuk menambah wawasan para pesertanya.

  • Veerle’s Graphic Design Blog

Referensi belajar desain grafis yang terakhir yang cocok untuk para pemula yang ingin belajar desain grafis secara online, situs Veerle’s Graphic Design Blog. Web ini sangat berguna karena Situs belajar desain grafis online ini merupakan situs yang merupakan miliki dari seorang desainer grafis Belanda yang bernama Veerle. Veerle membagikan tutorial belajarnya menggunakan video, serta tips dan juga trik dalam belajar desain grafis. Selain itu, ia juga membagikan pengalamannya menggunakan software saat masih menjadi pemula. Pada situs ini Veerle pun memberikan tips menjadi desainer grafis, mendapatkan klien, dan lain sebagainya. Ia sangat rajin dan antusias memberikan solusi terhadap permasalahan yang sering ditemui oleh pemula yang masih awam dalam desain grafis.

semoga bermanfaat😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *