fbpx

Sejarah Singkat Tentang Perusahaan Teknologi Apple

Advertisements

Merek Apple merupakan salah satu smartphone yang terkenal dan banyak digunakan oleh masyarakat yaitu iPhone. iPhone merupakan salah satu smartphone buatan perusahaan Apple. Unik memang karena nama Apple identik dengan nama buah, tetapi perusahaan Apple justru menjadi salah satu perusahaan yang bergerak di industri elektronik. Mungkin sebagian dari kalian belum mengetahui mengenai sejarah berdirinya perusahaan Apple, berikut adalah sejarah dan profil perusahaan Apple yang terkenal.

Apple pertama kali memulai debutnya sebagai perusahaan 45 tahun lalu, tepatnya pada 1 april 1976 dan di dirikan oleh dua orang sahabat yaitu Steve Jobs dan Steve Wozniak.Pada tahun 1980, Apple menjadi perusahaan terbuka dan meraup laba yang sangat besar. Setelah beberapa tahun kemudian, pada tahun 1984, Apple pertama kali memproduksi komputer-komputer baru yang memiliki antarmuka pengguna grafis inovatif seperti Macintosh. namun pada tahun 1985, Wozniak keluar dari Apple dan Jobs mengundurkan diri.

Sedangkan Jobs membawa beberapa karyawannya Apple dan mendirikan perusahan baru yaitu NeXT pada tahun berikutnya. Seiring dengan perkembangan pasar komputer, Apple mengalami penurunan penjualan yang di sebabkan pesaing yang menjual harga lebih murah terutama yang menggunakan sistem operasi Microsoft Windows. Apple terus melakukan peningkatan hingga CEO Gil Amelio memutuskan untuk membeli NeXT pada tahun 1997 dan mengajak Jobs kembali ke Apple kemudian membuka toko ritel pada tahun 2001.

Pada Januari 2007, Jobs mengumumkan bahwa Apple Computer Inc. berganti nama menjadi Apple Inc, ia juga meluncurkan iPhone dan Apple kembali sukses dan meraih untung besar. Namun, pada agustus 2011, Jobs mengundurkan diri karena sakit dan meninggal setelah 2 bulan kemudian dan di gantikan oleh Tim Cook dan hal ini menjadi era baru dari perusahan Apple.

BACA JUGA :  Cara Mendaftar Internet Banking Mandiri dengan Mudah

Apple merupakan perusahaan teknologi multinasional yang berpusat di Cupertino, California. Apple merancang, mengembangkan dan menjual barang elektronik, seperti perangkat lunak komputer, layanan daring dan perangkat keras, seperti smartphone canggih iPhone, MacBook, iPad, iPod, Apple Wacth, Apple TV dan pengeras suara pintar HomePod. Dan semua produk perangkat lunak yang di produksi oleh Apple meliputi sistem operasi macOS dan iOS, pemutar media iTunes, penjelajah web Safari dan perangkat kreativitas berserta perangkat kreativitas dan juga produktivitas iLife dan iWork. sedangkan untuk layanan daringnya meliputi Apple Music, iCloud, iTUnes, Store, iOS App Store dan Mac App Store.

Pada 2017 apple berhasil mendapatkan penghasilan tahunan sebesar $229 miliar dan menjadi perusahaan teknologi informasi terbesar di dunia berdasarkan pendapatan dan produsen telepon genggam terbesar ketiga di dunia setelah Samsung dan Huawei. Pada tahun berikutnya, tepatnya pada bulan agustus, Apple berhasil menjadi perusahaan terbuka Amerika Serikat pertama yang nilainya di atas US$1 triliun, 123.000 karyawan purnawaktu dan memiliki 504 toko ritel di 24 negara. Selama 2018, Apple memiliki 1,3 miliar pengguna aktif produk Apple. Namun, disisi lain Apple mendapat kritikan berupa  sumber bahan-bahan produknya, praktik tenaga kerja oleh para kontraktornya, dampak lingkungan dan sikap anti pesaingnya.

Pada awal tahun 1990, memperkenalkan sebuah komputer portabel yang lebih populer yaitu PowerBook. Namun, pada model PowerBook 5300 mengalami kegagalan yang di sebabkan banyaknya masalah dalam kualitasnya seperti baterai yang gampang rusak, kerangka yang gampang keropos dan layar yang tidak bagus. Dan Pada tahun 1994, Apple meningkatkan lagi produk Macintosh milik mereka yang mana merupakan hasil dari hasil kerja sama dengan IBM, Motorola dan Apple.  Yaitu dengan mengenalkan seri Power Macintosh yang menggunakan prosesor PowerPC. Setelah itu Apple merilis produk terbarunya yaitu  iBook, PowerMac G4 dan Apple Airport.

BACA JUGA :  5 Rekomendasi Game Sport Terseru 2022

Untuk Airport sendiri menggunakan teknologi Wireless LAN yang dapat menyambungkan sebuah komputer ke Internet tanpa menggunakan kabel. Pada awal tahun 2002, Apple meluncurkan iMac G4 yang memiliki bagian dasar yang separuh bulat dan layar datar yang ditopang dengan leher yang bisa digerakkan. namun di hentikan dan di gantikan dengan  model terbarunya yaitu menggunakan prosesor G5 yang diluncurkan pada tanggal 31 Agustus 2004 dan mulai di pasarkan pada pertengahan september.

Komputer ini bernama iMac G5 yang meruapakan komputer meja tertipis di dunia, dengan ketebalan yang hanya dua inci atau 5,1 cm yang ditopang dengan sebuah kaki aluminium yang ramping. Apple memasuki pasar telepon genggam yaitu iPhone pertama kali pada januari 2007 yang di rilis pada tanggal 29 juni 2007.

Pada tahun 2012, Apple memperkenalkan iPhone 5 dengan layar yang sedikit lebih besar dari pendahulunya, iPhone 4S. Tim Cook menaikkan harga saham perusahaan yang mencapai $768 per lembar. Pada tahun 2013, Apple Merilis 2 unit produk mereka sekaligur, yaitu iPhone 5C yang memiliki banyak varian warna dan iPhone 5S yang memiliki fitur sidik jari.

Selain itu, Pada ajang WWDC 2014, Tim Cook memperkenalkan 2 buah unit iPhone terbarunya, yaitu  iPhone 6 (4.7inc) & iPhone 6 plus (5.5inc).  Tim Cook juga meluncurkan Apple Watch yaitu jam tangan pintar dan Appel Pay yang merupakan sistem pembayaran digital. Berikut ini, produk-produk yang di luncurkan oleh Appel:

  • Mac

Mac yang pertama kali diluncurkan yaitu iMac yang merupakan Komputer meja terpadu untuk konsumen yang dirilis pada tahun 1998. selain itu ada Mac Mini (20025), MacBook Komputer jinjing ultratipis ultraportabel (2006 dan diluncurkan lagi pada 2015), MacBook Pro (2006), Mac Pro (2006) dan MacBook Air (2008).

  • iPod
BACA JUGA :  Rekomendasi Beberapa Game Terbaik Di iPhone Dan Terseru

Diluncurkan pertama kali oleh Appel yaitu pemutar musik digital iPod pada 23 oktober 2001. Yang mana kini menjadi pemutar musik portabel terlaris di pasaran dengan lebih dari 350 juta unit telah terjual hingga September 2012. Pada akhir Juli 2017, Apple menutup lini produk iPod Nano dan iPod Shuffle dan digantikan dengan produksi iPod Touch.

  • iPhone

iPhone generasi pertama dirilis pada tanggal 29 Juni 2007 dengan harga $499 (4 GB) dan $599 (8 GB) dan memperbesar penyimpanannya menjadi 16 GB pada5 februari 2008. Dan hingga kini iPhone 13 Pro Max merupakan varian tertinggi dari iPhone 13 series yang memiliki Layar yaitu 6.7 inci.

Nah, itu dia 3 produk Apple yang paling popular saat ini. Namun, selain itu Apple juga memiliki produk-produk lainnya yang tak kalah canggih dan mewah, diantaranya yaitu iPad yang merupakan computer tablet yang diluncurkan pertama kali pada 27 januari 2010. Apple Watch yang pertama kali dirilis Apple pada 24 april 2015. Apple TV yang dirilis pertama kali pada 15 januari 2008, HomePod Pengeras suara pintar pertama Apple, yang diluncurkan tanggal 9 Februari 2018 dan Apple mengembangkan sistem operasinya sendiri untuk semua perangkatnya, termasuk macOS untuk komputer pribadi Mac, iOS untuk telepon pintar dan tablet iPhone, iPad dan iPod Touch, watchOS untuk jam pintar Apple Watch dan tvOS untuk pemutar media digital Apple TV. Selain itu ada juga kendaraan listrik dan Apple lenergy yang tidak ragukan kualitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.