fbpx

4 Kelebihan Pemrograman Swift Apple

Advertisements

Swift diperkenalkan oleh Apple pada acara tahunan WWDC 2014. Pada tahun yang sama, versi 1.2 muncul. Edisi keduanya muncul setahun kemudian. Saat ini, Swift telah mencapai versi kelimanya Swift didesain untuk berdampingan dengan Apple juga membuat kurikulum khusus untuk mengajarkan bahasa ini dan menghindari program dari kode yang salah.

Swift yang dikembangkan oleh Chris Lattner. Tujuan terciptanya adalah menyelesaikan kesulitan yang ada dalam bahasa Objective-C.  Swift merupakan sebuah bahasa pemrograman yang kokoh dan intuitif. Di iciptakan oleh Apple untuk mengembangkan aplikasi untuk iOS, Mac, Apple TV, dan Apple Watch.

Bahasa pemograman ini di desain untuk memberikan lebih banyak kebebasan kepada pengembang dan penggunanya. Swift dapat dengan mudah digunakan dan bersifat sumber terbuka, jadi siapa pun yang memiliki ide dapat menciptakan dan mengembangkan sesuatu yang luar biasa.

Swift gratis dan bersifat sumber terbuka, juga tersedia untuk para pengembang, pendidik, dan siswa-siwa di bawah lisensi sumber terbuka Apache 2.0. swift menyediakan sistem biner untuk macOS dan Linux yang bisa menyusun kode untuk iOS, macOS, watchOS, tvOS, dan Linux. Dan untuk membantu Swift berkembang menjadi bahasa yang jauh lebih handal, Swift  membuat sebuah komunitas yang mana penggunanya dapat berkontribusi secara langsung untuk kode sumber Swift. Di lansir dari halaman resminya, berikut kelebihan dari Swift di antaranya: 

  • Sumber Terbuka

Bahasa pemrograman Swift di rancang secara bersama-sama. pelacak bug , hingga ruang obrolan, Ada kode sumber , dari dan untuk pengembang itu sendiri. Selain itu, ada beberapa blog, podcast , konferensi, hingga pertemuan khusus developer Swift. Semua itu terdapat pada forum yang bertajuk Swift.org . Komunitas ini memiliki contributor baik dari dalam ataupun luar Apple.

  • Aman dan Cepat
BACA JUGA :  Harga Seri iPhone 13 Lengkap

Bahasa pemrograman Swift juga sudah diklaim lebih aman. karena, swift tidak memiliki kelompok kode yang rusak dirusak orang yang tidak bertanggung jawab. Swift juga sudah menggunakan teknologi kompilasi LLVM. yang cepat terbaca. yang akhirnya, program ini bisa dijalankan secepat kilat.

  • Lebih Modern

Swift hadir dengan bahasa yang baru-baru saja ada. Dengan hal itu, swift bersifat kekinian, modern, dan bersih . kamu juga tidak perlu menggunakan titik/koma (;) seperti di bahasa pemrograman lainnya.

  • Mudah

Apple mengklaim bahwa Swift dirancang untuk untuk menjadi bahasa pertama siapa saja. kurikulum khusus yang dibuat Apple untuk mengajarkan bahasa ini. aplikasi iPad bernama Swift Playground untuk bermain sambil belajar Swift.

Leave a Reply

Your email address will not be published.