fbpx
Gambar otomotif
image source: otoblitz.net

Ketahui Strategi Digital Marketing Otomotif Untuk Meningkatkan Penjualan

Advertisements

bidikindonesianews.com – Seiring dengan perkembangan teknologi, kebiasaan konsumen dalam mencari informasi pun berubah. Sebelum ada koneksi internet yang mudah untuk didapat, konsumen akan berkeliling diler untuk mencari sebuah kendaraan yang mereka inginkan. Namun sekarang, kebiasaan ini tidak banyak dilakukan oleh konsumen.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Google, sekitar 95% pembeli kendaraan akan menggunakan media digital sebagai sumber untuk mencari informasi yang mereka butuhkan. Selain itu, konsumen juga akan melakukan sebuah riset secara online sebelum memutuskan untuk membeli kendaraan. Namun perlu Anda ketahui bahwa untuk saat ini sebagian besar pembelian masih dilakukan secara offline di dealer. Jadi, peran pemasaran digital di sini adalah untuk meningkatkan visibilitas layanan Anda.

Strategi ini akan membantu bisnis otomotif Anda memudahkan calon pelanggan menemukan pada saat mereka melakukan pencarian online. Jika bisnis Anda dapat dijangkau oleh banyak calon pelanggan secara online, maka kunjungan dealer juga akan meningkat sehingga penjualan kendaraan juga akan meningkat. Berikut beberapa strategi Digital Marketing Otomotif yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan.

Strategi Digital Marketing Otomotif Untuk Meningkatkan Penjualan

Mengembangkan Website Perusahaan

Strategi pemasaran digital otomotif pertama adalah memiliki kehadiran online. Jadi, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengembangkan situs web perusahaan. Perlu diketahui, website mempunyai  beberapa jenis seperti website untuk company profile, e-commerce, marketplace, website-based application (PWA), dan masih banyak lagi.

Jadi ketika Anda berencana untuk mengembangkan website untuk bisnis otomotif, maka pilihlah jenis website yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Saat mengembangkan web untuk bisnis otomotif, sediakan konten yang informatif dan komprehensif. Jangan sampai website kekurangan konten sehingga calon pelanggan beralih ke website pesaing karena tidak menemukan informasi yang mereka butuhkan di website Anda.

BACA JUGA :  Peralatan Standar Dan Peralatan Kerja Di Bengkel Otomotif

Lakukan Optimasi SEO Di Halaman Web Anda

Setelah Anda mengembangkan website dengan sebuah konten yang informatif dan bermanfaat bagi konsumen, langkah selanjutnya adalah melakukan optimasi SEO. Cara ini dilakukan agar website Anda bisa ditemukan oleh calon pelanggan secara organik atau gratis.

Secara garis besar, optimasi SEO adalah proses untuk meningkatkan peringkat web di mesin pencari Google. Jadi, ketika calon pelanggan mencari informasi di Google, website Anda akan ditampilkan di peringkat teratas Google.

Lakukan Sem (Search Engine Marketing)

Strategi pemasaran digital SEM hampir sama dengan optimasi SEO. Cara ini juga dilakukan agar website Anda bisa menduduki peringkat tertinggi di Google sehingga mendatangkan trafik web lebih banyak. Salah satu hal yang membedakan antara SEO dan SEM adalah biayanya. Jika optimasi SEO bisa dilakukan secara organik atau gratis, maka SEM adalah strategi untuk mendapatkan traffic berbayar.

Secara garis besar, SEM dapat diartikan sebagai membeli ruang pada bagian atas hasil pencarian di Google. Jika Anda ingin menggunakan strategi ini, Anda dapat mendaftar terlebih dahulu di Google Adwords dan kemudian memilih kata kunci yang terkait dengan bisnis otomotif Anda. Ketika ada calon pelanggan di internet yang mencari kata kunci yang Anda pilih, maka Google akan dengan mudah menampilkan website Anda di halaman pertama.

Social Media Marketing

Saat ini media sosial juga menjadi media yang digunakan untuk melakukan transaksi jual beli. Itulah sebabnya banyak konsumen mencari informasi tentang suatu produk melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, atau bahkan Youtube. Untuk menjangkau konsumen yang mencari informasi melalui media sosial, maka Anda perlu membangun kehadiran online di platform.

BACA JUGA :  Cara Berbisnis Sparepart Motor Yang Menguntungkan

Agar media sosial dapat mendorong penjualan, maka Anda harus memposting konten yang informatif dan menarik yang dapat meningkatkan engagement media sosial. Salah satu contohnya adalah pembuatan konten video yang mengulas pengalaman positif dari pelanggan sebelumnya.

Demikian ulasan tentang Ketahui Strategi Digital Marketing Otomotif Untuk Meningkatkan Penjualan semoga bermanfaat.