...

7 Makanan Tidak Baik Untuk Jantung Yang Sebaiknya Di Hindari

Tahukah kamu, bahwa ada beberapa makanan tidak sehat yang dikonsumsi sehari-hari dapat menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah arteri jantung? Makanan ini sangat berbahaya yang dapat membuat aliran darah dari dan menuju jantung bisa berkurang dan fatalnya menybabkan seseorang terserang penyakit jantung. Penyakit jantung memiliki banyak jenis. Tapi, jenis yang paling sering menyerang adalah penyakit jantung koroner dan serangan jantung. Yang mana kondisi ini disebabkan karena penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah arteri jantung karena plak menumpuk di bagian organ bagian ini. Faktor utama penyebab penyakit jantung dan pembuluh darah tersebut sangat terkait dengan pola makan tidak sehat. 

Serangan jantung yang bisa menyerang siapa saja dan kapan saja dan membuat kita harus mewaspadainya. Apalagi saat ini sangat banyak cepat saji yang viral dan dikonsumsi menjadi pilihan nomer sekian. Padahal makanan yang sehat bisa membantumu mengurangi risiko terkena serangan jantung lho. Untuk mengetahui apa saja makanan yang tidak baik untuk jantung, kamu bisa membaca ulasannya berikut ini!

  • Kentang Goreng

Kentang Goreng atau French fries yang sering di sajikan direstoran cepat saji cenderung mengandung banyak lemak dan garam yang dapat memberi efek buruk bagi Kesehatan  jantung. Berdasarkan dari sebuah studi menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kentang goreng 2-3 kali seminggu lebih mungkin meninggal lebih awal. Oleh karena itu, kurangilah mengonsumsi kentang goreng atau mengurangi porsi kentang goreng sekecil mungkin jika membuat kentang goreng. Langkah lebih baik, dengan membuat kentang goreng sendiri dan digoreng menggunakan minyak zaitun yang menyehatkan jantung.

  • Soda

Soda banyak digemari karena memberikan sensi segar saat diminum. Namun, soda terbukti mengandung banyak gula tambahan. Yang mana 1 kaleng soda bisa mengandung 10 sendok teh gula atau memiliki lebih banyak gula tambahan daripada yang direkomendasikan para ahli sepanjang hari. Hal ini sangat berbahaya karena peminum soda cenderung bertambah berat badannya dan lebih mungkin mengalami obesitas, menderita diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Selama ini mungkin kamu berpikir kalau soda adalah minuman bebas lemak dan kalori tapi kenyataannya sebaliknya. Beberapa penelitian malah menyebutkan orang yang terbiasa minum diet soda mempunyai kecenderungan mengonsumsi protein lebih banyak lho. Bahan kimia di dalam diet soda juga memiliki kecenderungan untuk meningkatkan berat badan.

  • Daging merah 

Tahukah kamu, bahwa mengonsumsi banyak daging sapi, domba dan babi dapat menyebabkan terjadinya kamu terkena penyakit jantung dan diabetes. Hal ini dikarenakan daging merah memiliki lemak jenuh yang tinggi dan dapat menyebabkan kadar kolesterol dalam darah. Sebuah studi menunjukkan daging merah mengandung L-carnitine, yang membuat bakteri dalam usus akan mengubah nutrisi ini menjadi banyak zat yang bisa memicu pembentukan plak pada pembuluh darah arteri. Nantinya, penumpukan plak tersebut bisa memicu penyakit jantung. Oleh karena itu, kontrol daging merah yang kamu konsumsi, seperti dengan mencari potongan daging tanpa lemak.

  • Makanan Tinggi Gula, Garam dan lemak

Saat ini, banyak makanan yang memngandung asupan garam, gula, lemak jenuh dan karbohidrat menjadi satu olahan dalam jumlah tinggi. Makan ini tentu dapat meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke. Jika ingin tetap menjaga Kesehatan jantung, sebaiknya kontrol asupan garam, gula, lemak jenuh dan karbohidrat setiap hari. Namun, daripada terpaku pada satu makanan yang buruk, sebaiknya Anda berfokus pada pola makan secara keseluruhan. Kamu bisa mengonsumsi makanan tersebut asal dengan menyeimbangkan dengan makan buah dan sayuran yang menyehatkan jantung, biji-bijian, protein tanpa lemak dan produk susu rendah lemak.

  • Burger Cepat Saji

Makanan cepat saji memang memiliki banyak penggemar, seperti Bureger salah satunya. Kita mengetahui bahwa makanan cepat saji sangat tidak direkomendasikan untuk kesehatan tubuh. Karena makanan cepat saji memang menjadi masalah tersendiri untuk tubuh yaitu Lemak jenuh yang terkandung. Seperti yang dikutip dari Time, Dr. Regina Druz, Profesor Kardiologi di University Hofstra, lemak jenuh hewani ketika dikombinasikan dengan karbohidrat memiliki dampak efek merusak kesehatan jantung. Memilih burger cepat saji mungkin akan menjadi pilihan buruk untuk kesehatan jantungmu. Daripada membelinya lebih baik kamu membuatnya sendiri rumah dengan bahan-bahan yang lebih sehat.

  • Goreng-Gorengan

Kamu mungkin salah satu penikmat goreng-gorengan yang dijual dipinggir jalan biasanya. Dan banyak orang yang memilih gorengan sebagai makanan untuk sarapan. Padahal makanan yang digoreng ini sangat nggak baik untuk kesehatan jantung lho! Walaupun rasanya enak, gorengan ini bisa menganggu fungsi jantung. Metode penggorengan konvensional menghasilkan lemak trans yang telah terbukti meningkatkan jenis kolestrol buruk. Kalau ingin tetap mengonsumsi gorengan coba deh buat sendiri dan pilih minyak zaitun atau kelapa untuk menggoreng.

  • Mentega 

Mentega atau Margarine  ternyata menyebabkan banyak meningkatkan risiko penyakit jantung lho. Hal ini disebabkan kandungan lemak jenuh yang dihasilkan mentega ini ternyata termasuk lemak trans yang berisiko meningkatkan penyakit jantung pada seseorang. Jika kamu masih ingin menggunakan mentega coba deh pilih margarine yang terbuat dari lemak hewan. Kalau ingin lebih sehat coba ganti semua margarine atau mentegamu dengan minyak zaitun.

Ingat ya penyakit jantung tidak hanya menyerang orang yang sudah berumur, jadi kamu harus lebih wasapada lagi sama penyakit satu ini. semoga Bermanfat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *