fbpx

8 Tips Menjaga Kesehatan Mulut Dan Gigi Yang Mudah Untuk Dibiasakan

Pertumbuhan bakteri mulut penyebab penyakit akan menjadi lebih mudah, jika lingkunan mulut yang kotor, asam, dan lembap. bahkan, bakteri ini bukan hanya masuk kemulut namun juga bisa masuk ke aliran darah dan menuju organ tubuh lainnya. Porphyromonas gingivalis (Pg) adalah salah satu bakteri yang berbahaya yang dapat menyebar dan memicu gangguan pada organ tubuh. Bakteri ini diketahui dapat menyebabkan masalah gusi. Dinyatakan dalam sebuah jurnal Science Advances (2019), menyatakan bahwa jumlah bakteri Pg di dalam otak pengidap Alzheimer lebih tinggi ketimbang otak orang yang sehat. Oleh sebab itu, mejaga kebersihan dan Kesehatan gigi dan mulut melalui adalah sebuah keharusan. Yuk, ketahui cara menjaga Kesehatan gigi dan mulut dibawah ini:

8 Tips Menjaga Kesehatan Mulut Dan Gigi

  • Berhenti Merokok

Menjaga Kesehatan mulut dan gigi dengan berhenti merokok adalah cara yang ampuh. Pasalnya, rokok mengandung nikotin dan tar yang dapat menyebabkan perubahan warna gigi. Selain itu, jika kamu merokok , maka gigi menjadi lebih rapuh dan mudah pecah, serta meningkatkan risiko terkena kanker mulut. Oleh karena itu, hentikan kebiasaan merokok untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

  • Banyak Minum Air Putih

Jika kamu suka mengonsumsi makanan dan minuman bercita rasa manis, maka kamu harus banyak minum air putih, karena yang kamu konsumsi bisa saja menyebabkan kerusakan pada gigi, karena penumpukan bakteri pada mulut yang kemudian berubah menjadi asam. Rasa asam inilah yang kemudian menyebabkan plak yang menjadi pemicu berbagai masalah pada mulut dan gigi, seperti bau mulut, karies gigi, serta gigi berlubang. Dengan banyak mengonsumsi air putih, sisa-sisa makanan pada mulut dan sela-sela gigi dapat dibersihkan secara menyeluruh. Tak hanya itu, air putih juga dapat membantu melarutkan asam yang dihasilkan oleh bakteri dari makanan dan minuman manis yang kamu konsumsi.

  • Menyikat Gigi Secara Rutin

Disarankan untuk rutin menyikat gigi dua kali sehari, yakni pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Menyikat gigi pada waktu-waktu tersebut membantu membersihkan sisa makanan serta plak yang mengandung bakteri di dalamnya. Selain itu, kamu juga harus membersihkan lidah, karena hal ini berguna untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada lidah sehingga kesehatan gigi dan mulut terjaga secara utuh.

  • Pilih Pasta Gigi Yang Mengandung Fluoride

Fluoride atau fluor merupakan unsur alami yang yang sering kamu temui dalam kandungan pasta gigi. Kandungan mineral ini akan diserap tubuh, kemudian digunakan oleh sel-sel yang membangun gigi kamu untuk menguatkan lapisan enamel gigi. Fluor juga merupakan pertahanan utama terhadap kerusakan gigi. Mineral ini bekerja dengan cara memerangi kuman dan memberikan perlindungan alami untuk gigi.

  • Kurangi Makanan Manis dan Asam, dan Makan Makanan Bergizi

Kamu mungkin sudah tahu, jika terlalu sering makan makanan yang manis dapat menyebabkan gigi bolong. Hal ini sangat benar, karena makanan manis dan asam akan diubah menjadi asam oleh bakteri di mulut yang kemudian dapat menggerogoti enamel gigi kamu. Asam inilah yang menyebabkan gigi kamu cepat berlubang. Tidak perlu menghentikan konsumsi gula sama sekali untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, kamu hanya perlu mengurangi konsumsi yang mengandung gula.

makan makanan yang bergizi juga berperan penti sama seperti air. Makan bergizi baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Kamu bisa mengosumsi biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran dan produk susu  dapat memberikan semua nutrisi yang kamu butuhkan. Bahkan, sebuah studi menemukan bahwa omega-3 lemak — jenis lemak sehat dalam makanan laut— dapat dapat mengurangi risiko peradangan, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit gusi.

  • Pilihan sikat gigi yang tepat

Memilih sikat gigi juga mempengaruhi Kesehatan gigi dan mulut lho! Pilihlah sikat gigi yang tepat merupakan langkah awal menjaga kesehatan gigi dan mulut. Pilihlah sikat gigi yang memiliki bulu lembut sehingga nyaman digunakan. Selain itu, pastikan bulu pada sikat gigi yang kamu miliki ujung yang kecil membulat. Dan gantilah sikat gigi secara rutin 3 bulan sekali. Tak hanya memperhatikan bentuk dari sikat gigi. Cara menyikat gigi juga menentukan kesehatan gigi dan mulut. Menggosok gigi yang benar dengan gerakan memutar dan tidak terlalu menekan gigi. Selain itu, sangat disarankan meluangkan waktu selama 2 menit untuk menggosok gigi dan lidah secara keseluruhan.

  • Kumur-Kumur Dengan Penyegar Mulut

Untuk mencegah bau mulut, kamu bisa berkumur menggunakan obat kumur. Selain itu, Obat kumur membantu mengontrol pertumbuhan bakteri pada gigi dan mulut yang menyebabkan bau mulut dan sakit gigi. Jika tidak memiliki obat kumur, kamu juga bisa menggunakan cara alami untuk menjaga kesehatan gigi, salah satunya berkumur dengan larutan air garam. Peneliti dari Oral Health Sciences Centre, India, menemukan bahwa penggunaan larutan garam sama efektifnya dengan chlorhexidine untuk mencegah peradangan setelah operasi gigi dan mulut.

  • Lakukan Pemeriksaan ke Dokter Gigi 6 Bulan sekali

Yuk periksa gigi rutin 6 bulan sekali ke dokter gigi guna menjaga kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan. Hal ini untuk mendeteksi lebih awal jika ada masalah pada gigi, gusi, maupun rongga mulut dan menjaga Kesehatan mulut dan gigi.

Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *