fbpx
jerawat
image source: pixabay.com

Tips Merawat Kulit Wajah Berjerawat

Advertisements

Tips Merawat Kulit Wajah Berjerawat – Jerawat merupakan masalah kulit yang terlihat sederhana dan sangat umum, namun seringkali menimbulkan berbagai masalah serius, mulai dari kesehatan hingga psikologis. Jerawat akan membuat kulit wajah terlihat tidak sempurna, jika terlalu parah bisa meninggalkan bekas. Akibatnya, anda sering kehilangan rasa percaya diri dan tidak berani tampil natural.

Tips Merawat Wajah Berjerawat

Membersihkan Wajah dari Make-Up

Tips mencuci muka untuk mencegah jerawat adalah:

  • Membersihkan wajah dari make-up di malam hari
  • Lanjutkan dengan mencuci muka menggunakan facial foam
  • Cuci muka di pagi hari untuk mencegah jerawat datang
  • Biasakan untuk mencuci muka setelah bepergian, terutama jika Anda menggunakan kendaraan roda dua atau setelah Anda berjalan di tempat yang rawan polusi.
  • Gunakan sabun wajah yang lembut dan bebas pewangi
  • Cuci muka hanya menggunakan air hangat dan dingin, hindari menggunakan air panas karena dapat memicu jerawat dan kulit kering
  • Gunakan handuk yang digunakan khusus untuk wajah. Sebaiknya hindari penggunaan handuk badan untuk wajah karena sel-sel kulit mati yang menempel pada handuk (untuk tubuh) dapat menempel pada handuk dan berpindah ke wajah yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Menjaga Kebersihan Wajah dan Tangan

Cara mengobati jerawat di wajah sebaiknya dimulai dari kebiasaan sepele. Salah satunya adalah menjaga kebersihan wajah. Pastikan, Anda mencuci muka secara rutin agar kotoran yang menempel bisa dibersihkan. Tak kalah pentingnya, yaitu mencuci tangan sebelum menyentuh wajah. Meski terlihat bersih, debu dan kotoran pasti akan menempel di tangan. Oleh karena itu, bersihkan dengan sabun antiseptik setelah beraktivitas.

BACA JUGA :  Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung

Jangan Memijit Jerawat

Jerawat di wajah gata, apalagi bintik merah baru muncul. Jangan menggaruk ataupun menekan jerawat. Tindakan ini bisa membuat jerawat menjadi merah dan meradang. Untuk meredakan gejalanya, minum obat jerawat tradisional.

Mengurangi Konsumsi Susu

Susu merupakan minuman bernutrisi tinggi yang melengkapi 4 menu sehat 5 sempurna. Kandungan lemak, protein, dan kalorinya sangat dominan sehingga baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh.  Susu dapat memperburuk jerawat. Ini karena susu mengandung androgen.

Androgen adalah hormon yang menghasilkan kelenjar minyak. Semakin sering Anda mengonsumsi susu, maka produksi sebum akan semakin meningkat. Sebum akan menumpuk di folikel rambut di bawah kulit. Akibatnya, pori-pori tersumbat dan jerawat semakin meradang.

Merawat Wajah Berjerawat dengan Produk Khusus

Kulit berjerawat memang sensitif. Salah menggunakan produk kecantikan, bisa memperburuk kondisi. Karena itu, pastikan untuk memilih rangkaian rangkaian jerawat untuk perawatan sehari-hari.

Apapun merek produk yang Anda pilih, prinsipnya bisa membersihkan untuk menyembuhkan jerawat. Misalnya, untuk mencuci muka, gunakan scrub bebas minyak dan sabun wajah. Anda bisa menggunakan produk yang mengandung mentimun. Sebagai pelembab, gunakan perawatan kulit yang mengandung teh hijau atau lidah buaya.

Hindari Kosmetik Berikut Ini

  • Bedak Padat

Salah satu keuntungan menggunakan bedak padat, yaitu kulit wajah terlihat sempurna. Tekstur bedaknya sangat kencang, halus, dan cukup padat untuk menutupi ketidaksempurnaan di wajah Anda. Namun, hindari bedak padat saat wajah penuh dengan jerawat. Pasalnya, bedak jenis ini bisa menyumbat pori-pori. Sebaiknya, gunakan bedak tabur yang mengandung asam salisilat atau belerang.

  • Pemutih Wajah

Menggunakan produk pemutih wajah saat sedang berjerawat justru bisa menyebabkan peradangan. Itu karena kulit yang ditumbuhi jerawat cenderung sensitif. Pemilihan kosmetika haruslah dilakukan dengan hati-hati.

  • Pelembap yang Mengandung Alkohol
BACA JUGA :  8 Kebiasaan Yang Dapat Merusak Rambut

Saat diaplikasikan ke wajah, moisturizer yang mengandung alkohol memang terasa sejuk dan segar. Namun, itu bisa memperburuk jerawat. Kosmetik dan wewangian berbasis alkohol harus dihindari ketika Anda memiliki jerawat di wajah Anda.

  • Produk dengan Kandungan Benzoyl Peroxide

Anda dapat menemukan Benzoil Peroksida dalam produk seri jerawat. Terbukti secara ilmiah mampu mengecilkan jerawat. Namun, penggunaan dosis yang tidak tepat dapat menyebabkan iritasi, peradangan, dan pengelupasan kulit.

Demikian ulasan tentang tips merawat kulit wajah berjerawat, semoga bermanfaat.