fbpx
Apa itu Google cloud?

Apa itu Google Cloud? Apa Saja Produk Turunanya?

Advertisements

Google Cloud merupakan salah satu produk layanan komputasi dari Google. Yang menawarkan teknologi komputasional, jaringan dan perangkat alat lunak terbaik untuk pebbisnis saat ini.  

Google Cloud menawarkan solusi untuk kebutuhan penyimpanan, analisis, big data, machine learning, dan pengembangan aplikasi juga meminimalkan kompleksitas, yang dilansir dari laman edu.google.com. Google cloud bersifat open source, menciptakan inovasi bersama, interoperabilitas, dan menjadi faktor penting dalam hal kerja sama. 

Dari salah satu Customer Engineer Google Cloud mengatakan Google Cloud menawarkan dua produk utamanya, yaitu Google Cloud Platform(GPC) dan Google Suite(GSuite). 

GPC beroprasi pada infrastruktur  dan teknologi yang sama digunakan secara interlnal oleh Google. GPC merupakan rangkaian komputasi awan(cloud computing). Dikutip oleh tempo dari youtube Indonesia. 

Teknologi internal seperti Google Maps, Gmail, dan lainnya merupakan alat manajemen, GPC juga memiliki fitur layanan cloud seperti penyimpanan data, komputasi, machine learning dan analisa data.  

Google Suite adalah sebuah perangkat aplikasi cerdas, yang dirancang dengan kolaborasi secara real time, machine learning dan produktivitas agar orang orang dapat saling terrhubung. 

Produk GSuite seperti Google Drive, Google Hangouts, Gmail, Calendar dan lainnya. Produk tersebut merupakan produk yang diciptakan oleh Google Cloud guna memudahkan kolaborasi dalam pekerjaan professional penggunannya. 

Berikut mafaat-manfaat Google Cloud Platform menurut Thought Wave Soft. 

  • Mampu meningkatkan kinerja development 
  • Harga lebih murah disbanding competitor 
  • Layanan yang disediakan untuk ekspansi berkelanjutan 
  • Global fiber network yang privat 
  • Keamanan sistem yang mumpuni 
  • Migrasi langsung dari virtual machine 

 Fitur Fitur Google Cloud Platform  

BACA JUGA :  Ingin Pahala Berlimpah? Coba Unduh 3 Aplikasi Kumpulan Doa

Semakin berkembangnya pasar teknologi, Google menambahkan beberapa fitur terbarunya, seperti cost management hingga security development tools. Menyediakan berbagai layanan komputasi untuk keperluan development.Berikut lLayanan yang ditawarkan oleh Google Cloud Platform. 

 Google Cloud storage 

 Dilansir ZD Net, fitur yang ditawarkan GPC adalah Google Cloud Storage. Merupakan layanan penyimpanan Cloud, dirancang untuk menyimpan kumpulan data yang besar dan tidak terstruktur. 

Aplikasi ini dinobatkan sebagai salah satu alat penyimpanan Cloud terbaik. Karena mampu menyimpan berbagai file dan data development milik perusahaan. Menawarkan Cloud SQL untuk penyimpanan relasional penuh MySOL, opsi penyimpanan database, termasuk Cloud Datastore untuk menyimpan nonrelasional NoSQL 

 Google Compute Engine 

Salah satu fitur yang disediakan GPC adalah Gogle Compute Engine. Merupakan layanan IaaS infrastructure-as-a-service yang menyediakan mesin virtual instan untuk hosting beban kerja pengguna. 

 Dilengkapi dengan penyimpanan disk yang luar biasa, memberikan kinerja yang konsisten. Mesin ini juga dapat membantu proses development dengan cepat. 

Banyak konfigurasinyang tersedia dalam server virtual ini. Yaitu Ukuran yang telah ditentukan untuk menciptakan jenis mesin custom yang dioptimalkan sesuai kebutuhan pengguna. 

 Google Container Engine 

Merupakan sistem pengelolaan dan orkestrasi container Docker yang berjalan dalam sistem cloud public google. Software ini mampu meningkatkan efisiensi sumber daya dan fleksibilitas sumber terbuka mempersingkat waktu pemasaran aplikasi. 

 Google Continer Engine didasarkan pada mesin orkestrasi container Google Kubernetes yang dapat mengembangkan produktiv developer. 

 Google App Engine 

 Penawaran dari fitur ini ialah platform-as-a-service(PaaS) memberikan developer akses ke scalable hosting tools milik Google. 

BACA JUGA :  4 Rekomendasi Macbook Pro Bekas Harga Terjangkau

App engine mempermudah developer untuk lebih produktif dan dinamis melalui pengembangan mark up language dan alat alat pengembang lainnya. Developer juga bisa menggunakan software developer kit(SDK) dalam mengembangkan  produk perengkat lunak yang berjalan di app Engene. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.