...

Rekomendasi 5 Ide Jika Memiliki Lahan Nganggur

Jika lahan kosong dapat menjadi investasi yang menjanjikan jika dikelola secara benar dan tepat. Hal ini berlaku untuk lahan di kawasan pinggiran kota ataupun pedesaan, namun kamu harus tahu jenis bisnis atau usaha apa yang tepat. Ada beberapa faktor yang yang dapat mengumpulkan pundi-pundi rupiahmu, seperti hukum zonasi daerah, lokasi tanah, luas tanah hingga peruntukan tanah. Berikut ini beberapa jenis atau ide yang dapat kamu pilih untuk mengolah lahan kosong yang kamu miliki, seperti berikut ini:

  • Membangun Kafe Kekinian

Saat ini, usaha kuliner dan tempat nongkrong banyak dilirik oleh anak muda. Dengan modal lahan kosong, kamu dapat merancang cafe outdoor yang estetik dengan menu simple dan mterjangkau. Kamu juga bisa berkerja sama dengan usaha franchise yang menawarkan bisnisnya dengan memberi modal dibawah 10 juta. Dengan begitu kamu akan mendapatkan paket yang terdiri dari booth, x-banner menu, kompor, tabung gas, seragam karyawan dan bahan training.

  • Bisnis Kos-Kosan Dan Kontrakan

Apakah kamu punya lahan kosong di daerah perkotaan? Nah, kamu dapat memanfaatkannya dengan membangun kos-kosan atau kontrakan. Bisnis property seperti ini, tentu jauh dari kata sepi pelanggan apalagi di daerah perkotaan. Keuntungan yang didapatkan juga sangat menggiur pastinya. Namun, hal ini sebanding dengan modalnya  yang besar.

  • Gunakan Untuk Pertanian

Jika kamu memiliki lahan kosong di pedesaan, maka kamu dapat memanfaatkan untuk lahan pertanian. Saat ini, pertanian organik tanpa zat sintetis memiliki peminat paling banyak karena kandungan atau nilai gizi lebih baik dibandingkan jenis lainnya. Hasil pertanian organik yang dapat kamu coba yaitu budidaya tanaman dengan sistem hidroponik hingga vertikultur yang lebih menyehatkan dan memiliki potensi pasar yang besar.

  • Jadi Tempat Parkir

Kamu dapat memanfaatkan lahan sempit sekalipun untuk membuat tempat parkir yang dapat menampung 5-7 mobil berukuran sedang. Tingginya pembelian kendaraan setiap tahunnya, menjadi peluang besar untuk usaha yang menguntungkan. Lokasi paling menguntukan untuk mencoba usaha ini yaitu pasar, area perumahan padat penduduk, hingga daerah yang memiliki banyak gang.

  • Disewakan Untuk Tower BTS

Kemajuan teknologi akan menghadirkan jaringan internet 5G, yang pastinya membutuhkan sarana fisik seperti pembentukan Base Transceiver Station (BTS).

Tower ini dimiliki oleh provider telekomunikasi seperti Telkomsel, XL, Indosat dan lainnya. Untuk ukuran lahan kosong yang disewa berukuran 15 m x 15 m dengan nilai sewa sebesar  Rp.12 juta selama 12 tahun. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi kamu yang memiliki lahan kosong dan lokasi yang strategis pastinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *