...
kebiasaan merusak rambut
image source: pixabay.com

8 Kebiasaan Yang Dapat Merusak Rambut

Kebiasaan Kebiasaan yang dapat merusak rambut – Rambut adalah mahkota indah yang diberikan oleh Tuhan kepada setiap manusia, begitupun dengan berbagai tipe rambut dan keindahanya masing masing, oleh karena itu kita mesti menjaga keindahan yang Tuhan telah berikan pada kita semua dengan menjauhi 7 kebiasaan kebiasaan merusak rambut ini, agar rambut senantiasa sehat dan tidak rusak.

8 Kebiasaan Merusak Rambut

Terlalu Sering Keramas

Keramas memang lah suatu kebiasaan baik yang harus dilakukan untuk membersihkan rambut dari kotoran dan menjaga kesehatanya. Namun apabila hal ini terlalu sering di lakukan maka akan menyebabkan berbagai persoalan yang dapat merusak rambut, salah satunya adalah kulit kepala menjadi kering, gatal, dan bahkan dapat menghilangkan pelembab alami pada rambut.

Tidak Rutin Keramas Atau Jarang

Terlalu sering keramas pun adalah kebiasaan yang tidak baik dengan berbagai persoalanya, namun tidak rutin keramas alias jarang keramas pun akan menyebabkan masalah pada rambut, seperti kulit kepala terlalu berminyak, ketombe yang dihasilkan oleh minyak rambut berlebih dan rambut lengket. oleh karena itu cukup rutinkan minimal 2 hari sekali untuk keramas atau sesuai tipe kulit rambut anda masing masing.

Menyisir Rambut Dalam Keadaan Basah

Kerap kali kebiasaan ini hampir dilakukan oleh kebanyakan orang, wanita maupun pria. Padahal ketika rambut dalam keadaan basah, rambut akan cenderung merenggang. Akibat yang didapatkan jika kita menyisir rambut saat basah ia akan mudah patah dan rusak, biarkan hingga kering lalu mulailah untuk menyisir.

Salah Cara Dalam Mengeringkan Rambut

Terkadang saat waktu tidak banyak kita cenderung untuk mengeringkan rambut dengan cepat, dan hal ini tentu membutuhkan alat berupa Hair dryer, namun tahukah kalian? bahwa menggunakan hair dryer terlalu sering dapat menyebabkan kerontokan rambut dan kebotakan dini. Jika kita ingin menghindari kebotakan dan kerontokan tersebut sebaiknya kita keringkan rambut secara alami dengan handuk dengan men-tap tap kan rambut yang basah hingga kering atau menunggu secara alami.

Menstyle Rambut Dengan Mewarnainya.

tampil menarik dengan dengan mewarnai rambut kerap kali membuat kita lebih PD dan bahagia dengan style warna rambut yang kita inginkan, namun hal ini mesti kita perhatikan rambu rambunya karena ada beberapa produk pewarna rambut dengan bleaching yang dapat merusak pigmen rambut kita.

Salah Memilih Produk Keramas

Setiap manusia memiliki perbedaan kondisi dan tipe rambutnya masing masing. Salah memilih produk keramas dapat menyebabkan kerusakan rambut, jadi pastikan produk keramas cocok dengan kondisi rambut masing masing ya!

Terkena Sinar Matahari Terlalu Lama

Tak hanya kulit, rambut pun akan rusak jika terlalu lama terkena sinar matahari. hal ini dapat menyebabkan berubahnya warna rambut lebih cenderung memudar. oleh karena itu usahakan untuk menggunakan penutup kepala saat berada didalam paparan sinar matahari yang lama.

Kurangnya Vitamin D Dalam Tubuh

jika kita terheran heran mengapa rambut kita rontok tanpa sebab, maka perlu diwaspadai bahwa ada kemungkinan kurangnya asupan vitamin D ditubuh kita, oleh karena itu penuhi kebutuhan Vitamin D setiap harinya ya!

Menjaga rambut agar tidak rusak memang butuh pembiasaan, dan pembiasaan ini tentu butuh kesabaran dalam menjalaninya. Rambut sehat dan indah adalah idaman semua umat manusia, wanita maupun pria, kecil ataupun dewasa. oleh karena itu kita mesti  menjaga kesehatan rambut masing masing dengan poin poin diatas.

Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *