...

Manfaat Minum Air Lemon Setiap Hari

Lemon sangat dikenal dengan jumlah vitamin C yang di milikinya sangat tinggi. Minuman dengan lemon atau perisa lemon juga telah menjadi minuman yang sangat popular untuk menemani waktu makan. Biasanya, orang-orang menggunakannya sebagai minuman penyegar karena diketahui bahwa air lemon dapat meningkatkan tingkat energi dan metabolisme.

Menurut NutritionData, lemon mengandung sekitar 139% dari asupan vitamin C harian yang direkomendasikan untuk tubuh. oleh karena itu, lemon adalah awal yang baik untuk meningkatkan asupan harian seseorang.

Kalsium dan kalium yang terdapat di dalam lemon juga dapat membantu mengurangi tekanan darah. Masih banyak lagi manfaat meminum air lemon yang belum di ketahui banyak orang. Kira-kira apa saja ya? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Lemon memiliki manfaat utama untuk tubuh, yaitu meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya yang mana mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan berbagai macam penyakit. Bukan hanya itu, kandungan antioksidan di dalam lemon juga dapat melindungi tubuh dari bahaya efek radikal bebas. Bahkan, beberapa penelitian telah mengungkapkan berbagai potensi lemon untuk menghambat pertumbuhan sel tumor dan kanker.

  • Mencerahkan Kulit

Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon menjadikannya salah satu buah yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Saat ini, sangat banyak sekali produk-produk pencerah wajah dan kulit yang mengandung ekstrak lemon.

Perlu diketahui juga, bahwa  kulit kita juga membutuhkan vitamin C, karena vitamin C merupakan antioksidan yang bertindak untuk melindungi sel kulit dari paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel serta salah satu faktor kulit kusam.

Vitamin C juga menghambat produksi melanin di kulit yang membantu mencerahkan hiperpigmentasi dan bintik-bintik cokelat, meratakan warna kulit dan meningkatkan kecerahan pada kulit secara keseluruhan.

  • Menyehatkan Jantung

Di dalam satu buah lemon mengandung sekitar 31 mg vitamin C yang dapat memenuhi 51% kebutuhan angka kecukupan gizi (AKG) per hari. Dalam sebuah penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan vitamin C dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Selain vitamin C yang dapat menyehatkan jantung, serat dan senyawa kimia alami di dalam lemon juga dapat menurunkan beberapa faktor resiko penyakit jantung secara signifikan. Senyawa kimia yang ditemukan dalam lemon, yaitu Hesperidin dan Diosmin juga terbukti dapat menurunkan kolesterol.

  • Mencegah Kanker

Dalam beberapa penelitian menyatakan bahwa bagi yang rutin mengonsumsi buah jeruk lemon paling banyak, memiliki resiko paling rendah terkena  penyakit kanker. Dalam penelitian tabung reaksi, senyawa yang ada pada buah lemon dapat membunuh sel-sel kanker.

Dalam National Center for Health Research, penelitian tersebut menyatakan bahwa lemon dan buah jeruk lainnya memiliki zat alami yang mungkin memiliki sifat melawan kanker, yaitu pektin jeruk dan limonoid yang dimodifikasi. Sayangnya walaupun terlihat sangat menjanjikan, sifat-sifat ini belum pernah diuji pada manusia dan membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk kejelasannya.

  • Melancarkan Pencernaan

Di dalam lemon terdapat karbohidrtat sebesar 10% yang mana sebagian besarnya dalam bentuk serat larut dan gula sederhana. Lemon juga mengandung serat utama yaitu serat pektin, yang terkenal dengan berbagai manfaatnya untuk kesehatan.

Serat larut dapat meningkatkan kesehatan usus dengan melancarkan pencernaan serta memperlambat pencernaan gula dan pati yang berefek pada penurunan kadar gula dalam darah. Namun, perlu diperhatikan ya Moms, jika ingin mendapatkan manfaat dari serat pektin pada buah lemon, maka daging buahnya juga harus ikut dikonsumsi.

  • Mencegah Anemia

Anemia adalah suatu kondisi yang mana tubuh kekurangan sel darah merah sehat untuk membawa oksigen yang cukup ke dalam jaringan tubuh. Dampaknya bagi seorang yang mengalami anemia yaitu merasa cepat lelah dan lemas.

Terdapat kandunga zat besi dalam lemon yang mampu mengatasi anemia. Cara kerja lemon mencegah anemia adalah dengan meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan nabati.

Selain itu, lemon mengandung vitamin C dan asam sitrat yang berperan untuk memastikan tubuh menyerap zat besi sebanyak mungkin dari makanan yang dikonsumsi. Hal ini lah yang membuat lemon dapat mencegah anemia.

  • Mengurangi tanda Penuaan

Turunnya kadar kolagen di dalam kulit menjadi faktor utama timbulnya bintik hitam, kerutan halus, serta kulit kusam pada wajah. Adanya gejala-gejala tersebut di wajah dapat dianggap sebagai beberapa tanda kulit bahwa kulit mengalami tanda-tanda penuaan.

Banyak orang yang rela mengeluarkan banyak uang untuk menjalani treatment kecantikan untuk menjaga kulit wajah agar tetap awet muda. Namun, banyak yang belum mengetahui bahwa buah lemon memiliki kasiat yang mampu mengurangi tanda-tanda penuaan pada wajah.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah lemon tidak hanya dapat mencerahkan kulit saja, tetapi juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen sehingga dapat mengurangi garis-garis halus.

Itu dia, manfaat dari meminum air lemon untuk Kesehatan tubuh. Jika kamu ingin menjaga Kesehatan tubuh juga ingin mencerahkan kulit, maka lemon sangat di sarankan untukmu! Semoga Bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *