...

10 Manfaat Minum Teh Tanpa Gula Yang Harus Kamu Ketahui

Sampai saat ini, masih banyak kalangan yang memilih untuk menambahkan gula dalam minuman teh yang masih panas untuk mengurangi rasa pahit dari the. Namun, perlu kamu ketahui bahwa ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan jika minum teh tanpa gula.

Bahkan banyak sekali peminat minuman teh yang ditambahkan balok es kecil di dalamnya sebagai penyegar saat tengah hari yang terik. Terutama kalangan anak muda di Indonesia.

Selain memiliki cita rasa yang unik dan segar, minuman teh juga ada khasiat untuk kesehatan tubuh. Ada banyak cara untuk mengkonsumsi minum teh, ada yang tanpa gula, ada yang dicampurkan dengan es batu, ada juga yang hangat dan manis dengan gula dan campur dengan susu, serta masih banyak yang lainnya.

Namun, perlu kamu ketahui ada banyak manfaat mengonsumsi teh tanpa gula! Untuk mengetahuinya, kamu bis abaca sampai habis artikel ini ya!

  • Mengurangi Kadar Kolestrol Jahat

Manfaat minum the tanpa gula pertama yaitu dapat mengurangi kadar kolestrol jahat. Teh mampu melawan kadar kolesterol yang jahat dalam tubuh. Untuk itu kamu bisa mengonsumsi teh hitam. Jika hendak menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, usahakan untuk minum teh hitam secara rutin. Selain itu, jangan tambahkan gula, dan sajikan dalam kondisi teh yang masih hangat. Maka tidak heran jika teh hitam jadi banyak perbincangan karena khasiatnya sangat efektif dalam bantu turunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sampai dengan 11%.

  • Membuat Peredaran Darah Menjadi Lebih Lancar

Manfaat minum the tanpa gula yaitu kandungan polifenol yang bisa membantu pencegahan adanya plak di area pembuluh darah. Oleh sebab itu, pembuluh darah kamu akan terasa lebih lancar. Tidak akan ada fenomena penyempitan pembuluh darah. Jika sampai terjadi hal seperti itu, maka bisa dikatakan kamu akan mudah terkena resiko gangguan pada jantung.

  • Dapat Mengontrol Gula Darah

Manfaat dari minum teh tanpa gula yaitttu mengontrol gula dalam darah. Mungkin kamu sudah terbiasa minum menggunakan tambahan gula. Tetapi cobalah minum teh tanpa tambahan gula di dalamnya. Karena manfaatnya yang dapat membantu kamu dalam hal mengontrol gula darah. Walaupun teh yang kamu buat tidak ada tambahan gula terasa pahit, Itu tidak akan jadi masalah. Kandungan yang ada di dalamnya adalah senyawa antioksidan yang dinamakan dengan polifenol yang kuat. Kandungan tersebut bisa membuat sensitivitas insulin tubuh kamu jadi lebih meningkat. Dengan begitu, kadar gula dalam darah akan mudah terkontrol. Maka dari itu, apabila kadar gula dalam darah bisa mudah terkontrol, itu artinya kamu akan minim resiko diabetes. Kamu bisa menemukannya di teh hijau, teh oolong dan teh hitam.

  • Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit kardiovaskular termasuk penyakit jantung dan stroke yang menjadi penyebab kematian terbesar di dunia. Banyak studi menunjukkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan beberapa faktor risiko utama untuk penyakit ini. Teh hitam juga mengandung kelompok antioksidan lain yang disebut flavonoid yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Mengkonsumsinya secara teratur tanpa tambahan gula dapat membantu mengurangi banyak faktor risiko penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, peningkatan kadar trigliserida dan obesitas.

  • Mencegah Penyakit Diabetes

Manfaat lainnya yaitu dalam teh dapat mencegah munculnya diabetes. Mengonsumsi teh tawar dapat membantu menghilangkan radikal bebas dan mengurangi kerusakan sel dalam tubuh karena adanya kandungan antioksidan. Kelompok polifenol, termasuk katekin, theaflavin dan thearubigin, merupakan sumber antioksidan utama dalam teh yang bisa mencegah diabetes. Minum teh tanpa gula juga bisa mencegah obesitas penyebab diabetes.

  • Mencegah Gigi Berlubang

Streptococcus mutans adalah bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan pembentukan plak dan merupakan kontributor utama untuk gigi berlubang dan kerusakan gigi. Dari berbagai penelitian yang menunjukkan bahwa teh dapat mengurangi bau mulut. Konsumsi teh dikaitkan dengan peningkatan kesehatan gigi dan risiko karies yang lebih rendah. Namun, manfaat ini dapat kamu rasakan jika mengonsumsinya tanpa gula. Karena gula dikaitkan sebagai penyebab kerusakan gigi dan mulut. 

  • Menyehatkan Otak

Kandungan kafein yang terdapat didalam teh dikenal sebagai stimulan otak. Kafein ini akan memblokir neurotransmitter penghambat yang disebut Adenosine. Kafein telah dipelajari secara intensif sebelum dan secara konsisten mengarah pada perbaikan dalam berbagai aspek fungsi otak, termasuk peningkatan suasana hati, kewaspadaan, waktu reaksi dan memori.

  • Mencegah Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum pada manusia dan merupakan penyebab utama demensia. Berbagai penelitian menunjukkan senyawa katekin dalam teh hijau dapat memiliki berbagai efek perlindungan pada neuron dalam tabung reaksi dan model hewan. Tak hanya menyehatkan otak, teh juga bisa mencegah penyakit Alzheimer. Dengan mengonsumsi the tanpa gula, dapat menurunkan risiko Alzheimer dan Parkinson terutama jika dikonsumsi tanpa gula.

  • Menyehatkan Kulit

Manfaat lainnya yaitu kandungan antioksidan dalam teh yang mampu menjaga kesehatan kulit. Kandungan polifenol dalam the juga dapat menekan beberapa komponen seluler yang dapat merusak jaringan serat yang membantu kulit tetap kencang. Antioksidan melindungi kulit dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas dan menjaganya dari jerawat. Minum teh tanpa gula juga sangat bermanfaat untuk keseimbangan kulit. Berbeda dengan menggunakan ula berlebih yang dapat menyebakan kulit kusam, berjerawat dan kering.

  • Membuat Tubuh Menjadi Lebih Rilex

Minum teh tanpa menggunakan gula dapat memberikan efek secara langsung pada tubuh kita. Bahkan, minum teh hangat tanpa gula mampu menenangkan tubuh dan pikiran. Dengan mengonsumsi the, kamu tidak akan mudah stres, tubuh jadi terasa lebih tenang dan rileks, mood jadi membaik dan kamu juga dapat lebih mudah berkonsentrasi. Maka, secangkir the sangat cocok menjadi teman saat berkerja atau sedang tidak mood. Kandungan L-theanine yang terdapat didalam the ini lah yang akan membuat kamu jadi lebih tenang. Tidak hanya membuat tenang saja, kandungan itu juga bisa bantu kamu dalam hal fungsi otak yang jadi semakin meningkat. Hal itu yang membuat konsentrasi kamu bisa kembali membaik.

  • Membuat Awet Muda

Manfaat minum the tanpa gula yaitu dapat membuat awet muda. Kandungan yang terdapat didalam teh tanpa gula, yaitu antioksidan yang yang dapat membantu dalam urusan oksidasi tubuh. Hal ini menunjukkan bahwa segala penuaan dini, kulit lebih cerah, bantu basmi jerawat, keloid, dermatitis atopik, kerutan dan flek hitam serta gejala penuaan dini lainnya pun akan tercegah. Dan semua itu dapat kamu rasakan jika mengonsumsinya secara rutin.

  • Menurunkan Berat Badan

Manfaat minum the tanpa gula yang paling banyak di incar oleh banyak orang, yaitu dapat membantu menurunkan berat badan. Kandungan polifenol pada teh telah terbukti meningkatkan pengeluaran kalori dan mengurangi lemak tubuh. Selain polifenol, teh juga merupakan sumber kafein. Kafein membantu tubuh membakar kalori dan lemak. Meminumnya tanpa gula juga dapat mencegah risiko obesitas.

Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *