fbpx
Rambut sehat dan kuat
image source: pixabay.com

Tips Merawat Rambut Supaya Kuat dan Sehat

Advertisements

Tips Merawat Rambut Supaya Kuat dan Sehat – Rambut yang terlihat indah jika dilihat dari kejauhan belum tentu tanpa masalah. Karena seiring waktu, rambut bisa menjadi kering, rontok, atau bercabang. Sinar matahari, iklim, dan polusi dianggap berperan dalam perubahan dan kerusakan rambut. Oleh karena itu Anda perlu merawat rambut Anda agar rambut Anda tetap kuat dan sehat.

 

Tips Perawatan Rambut

Telur dan Minyak Zaitun

Telur merupakan sumber protein yang dapat memberikan nutrisi sekaligus untuk merangsang pertumbuhan pada rambut yang bertujuan untuk melawan penipisan pada rambut. Selain dapat melembabkan kulit minyak zaitun juga dapat mendorong tumbuhnya rambut yang sehat.

Teh Hijau

Cara mengatasi rambut rontok selanjutnya adalah dengan menggunakan teh hijau. Teh hijau kaya akan antioksidan untuk menangkal radikal bebas dan mengatasi masalah kerontokan rambut. Teh hijau dapat memperkuat rambut, melawan ketombe dan kulit kepala yang gatal.

Untuk menggunakannya, celupkan kantong teh hijau ke dalam air panas. Lalu biarkan dingin sampai suhu kamar. Bilas rambut menggunakan teh hijau kemiduan pijat dengan lembut. Diamkan selama 20 menit lalu bilas hingga bersih.

Alpukat

Alpukat mengandung vitamin E, yang memperkuat akar rambut, merangsang pertumbuhan rambut, dan menambah kilau dan kelembapan pada rambut. Campurkan alpukat dengan minyak xaitun dan juga jus lemon dengan perbandingan satu banding satu semuanya hingga menjadi pasti. Oleskan campuran tersebut pada kulit kepala dan rambut. Gunakan selama 15-20 menit kemudian dibilas.

Minyak Rosemary

Minyak rosemary memiliki kemampuan luar biasa untuk mendorong regenerasi sel untuk mengontrol kerontokan rambut. Minyak rosemary cukup efektif dalam mendorong pertumbuhan rambut. Untuk mencegah kerontokan pada rambut anda dapat mencampurkan sebanyak  1 sendok makan minyak kelapa dengan 4-5 tetes minyak rosemary. Setelah itu anda dapat mengoleskan campuran tersebut kepada kepala anda kemudian diambkan 10 menit.

BACA JUGA :  Cara Kurus Tanpa Olahraga? Ini Faktanya!

Santan

Selain untuk campuran bahan masakan santan juga dapat digunakan untuk mengatasi kerontokan pada rambut. Santan berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok. Cara menggunakannya juga cukup mudah. Cukup oleskan santan secukupnya ke kulit kepala Anda dan diamkan selama 20 menit. Kemudian bilas rambut anda.

Bawang Bombay  

Kandungan vitamin yang dimiliki bawang bombay dapat mengatasi rambut yang rontok.  Selain berfungsi untuk mengatasi rambut rontok, bawang bombay juga memiliki manfaat untuk menambah kilau pada rambut. Bahan yang dibutuhkan adalah satu buah bawang bombay berukuran besar. Bawang bombay tersebut dihaluskan sampai menjadi sebuah jus. Oleskan jus dengan lembut ke akar rambut menggunakan kapas. Kemudian tunggu 10-15 menit menggunakan sampo seperti biasa.

Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung vitamin, mineral dan enzim proteolitik spesifik yang bermanfaat untuk menutrisi kulit kepala dan menghentikan kerontokan rambut. Lidah buaya juga bermanfaat untuk melembabkan rambut. Untuk mengatasi rambut rontok, oleskan gel lidah buaya pada kulit kepala dan ratakan. Diamkan selama 45 menit dan bilas hingga bersih menggunakan air dingin.

Amla

Amla atau gooseberry yang berasal India mempunyai manfaat yang baikyang berguna  untuk meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan rambut. Amla juga mempunyai banyak kandungan vitamin C yang dapat merangsang folikel rambut sekaligus untuk mencegah kerontokan rambut.

Bahan yang dibutuhkan, 1 sendok makan bubuk amla dan 1 sendok makan air jeruk nipis. Campurkan bubuk amla dengan air jeruk nipis untuk membuat asta. Oleskan pasta ke kulit kepala dan rambut Anda dan biarkan selama satu jam. Kemudian bilas rambut sampai bersih.

Demikian ulasan tentang tips merawat rambut supaya kuat dan sehat, semoga bermanfaat.

BACA JUGA :  8 Kebiasaan Yang Dapat Merusak Rambut

Leave a Reply

Your email address will not be published.