...
tips untuk menjaga kesehatan mata
image source: pixabay.com

Beberapa Tips untuk Menjaga Kesehatan Mata

Beberapa Tips untuk Menjaga Kesehatan Mata – Melindungi penglihatan dan kesehatan mata adalah salah satu hal terpenting yang tidak boleh diabaikan untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Meskipun tidak semua penyakit mata dapat dicegah, ada beberapa langkah mudah untuk menjaga kesehatan mata dan mengurangi kemungkinan kehilangan penglihatan di kemudian hari.

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Makan Makanan Sehat

Tips menjaga kesehatan mata yang bisa diterapkan untuk mencegah gangguan mata salah satunya adalah konsumsi makanan yang bergizi. Ada sejumlah makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin yang bisa menjaga kesehatan mata, mulai dari sayuran hingga buah-buahan. Terutama makanan yang mengandung vitamin A, C, E, asam lemak omega 3, lutein, dan zinc.

Nutrisi tersebut menawarkan manfaat untuk kesehatan mata, terutama mencegah degenerasi makula di usia tua. Ada beberapa makanan yang mengandung nutrisi sehat untuk mata yang bisa dikonsumsi, di antaranya sayuran berdaun hijau, salmon, tuna, telur, kacang-kacangan, jeruk, wortel, dan lain sebagainya yang bisa menjadi pilihan Anda.

Menggunakan Kacamata

Sebelum keluar rumah, kenakan berbagai alat pelindung diri untuk mencegah sengatan matahari, yaitu sinar ultraviolet yang tidak boleh dilewatkan. Termasuk melindungi mata dari sinar ultraviolet langsung yang diketahui berdampak negatif bagi tubuh. Untuk itu tips menjaga kesehatan mata yang bisa diterapkan adalah dengan memakai kacamata hitam sebagai pilihan.

Kaca hitam dapat melindungi mata dari paparan sinar matahari langsung. Selain itu, pastikan untuk memakai lensa khusus yang dapat melindungi mata secara keseluruhan. Kacamata hitam ini cocok untuk dikenakan saat melakukan aktivitas di luar ruangan.

Periksa Mata Secara Teratur

Setiap orang perlu melakukan pemeriksaan mata. Ini membantu melindungi penglihatan Anda dan memungkinkan untuk mengetahui apakah ada masalah penglihatan sesegera mungkin. Sangat penting untuk mengetahuinya sejak dini, ketika mereka lebih mudah diobati.

Hindari Merokok

Merokok memiliki banyak efek samping. Tidak hanya berpengaruh pada kesehatan mata, tetapi juga seluruh tubuh. Perokok aktif berisiko lebih besar terkena katarak, uveitis, dan masalah mata lainnya. Jika Anda belum pernah merokok, jangan mulai. Jika Anda memiliki kebiasaan merokok, cobalah untuk menghindarinya secara perlahan dan lama-kelamaan Anda akan berhenti. Konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda benar-benar ingin berhenti merokok.

Jangan Terlalu Lama Menatap Layar Komputer

Tips menjaga kesehatan mata selanjutnya adalah jangan terlalu lama menatap layar komputer atau ponsel. Walaupun kehidupan saat ini tidak lepas dari penggunaan teknologi, namun ada baiknya untuk memperhatikan penggunaannya agar tidak mempengaruhi kesehatan tubuh terutama mata.

Karena seperti diketahui, layar komputer atau ponsel bisa secara tidak langsung dan dalam jangka panjang berpengaruh pada kesehatan mata. Setidaknya pastikan untuk menatap layar komputer dan ponsel dengan jarak minimal 30 cm dengan posisi layar sedikit ke bawah. Selain itu, mengistirahatkan mata selama beberapa menit sebelum kembali menatap layar komputer perlu dilakukan untuk mencegah ketegangan mata.

Sesekali  Kompres Kelopak Mata

Seperti dilansir dari merdeka.com, melakukan kompres kelopak mata dengan bahan alami seperti mentimun segar juga bisa menjadi pilihan. Selain dikonsumsi, mentimun juga bisa memberikan manfaat lain untuk mata, antara lain mengatasi kantung mata dan mata bengkak. Caranya adalah dengan menempelkan irisan mentimun pada mata Anda dan diamkan beberapa saat.

Atur Pencahayaan Ruangan

Pastikan Anda memiliki pencahayaan yang tepat. Ketika anda sedang berada didepan komputer ataupun sedang membaca anda harus memposisikan cahaya lampu dengan benar. Cahaya rendah atau cahaya terang dapat menyebabkan ketegangan mata.

Demikian ulasan tentang beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *