fbpx

Cara Merawat Ac Mobil Agar Awet Dan Tidak Cepat Rusak

Advertisements

Merawat AC mobil merupakan satu keharusan bagi pemilik mobil agar menghasilkan udara dingin dan sejuk pada pengendara. Air conditioner (AC) merupakan salah satu hal yang sangat berpengaruh pada mobil. Bayangkan jika kamu mengendarai mobil tanpa adanya AC di tengah terik matahari. Kamu tentu akan kepanasan. AC memiliki fungsi memberi udara dingin dan membuat kaca mobil tidak berkabut saat hujan. Saat AC mobil yang kurang dingin, maka menimbulkan embun tipis yang memberi pandangan yang kurang jelas. Mungkin kamu sering mengalami masalah pada AC mobil, seperti mengeluarkan bau apek  dan kurang dingin. Berikut ini,  beberapa tips untuk merawat AC agar tetap dingin dan awet:

Cara Merawat Ac Mobil Agar Tahan Lama

  • Rutin membersihkan kondensor AC

Kondensor merupakan salah satu komponen didalam AC. Kondensor berfungsi untuk mengubah gas (freon) menjadi cairan. Membersihkan kondesor dengan rutin dapat membuat AC mobil tetap awet dan terasa dingin. Dengan membersihkan kotoran atau debu, dapat menghindari dari korosi dan kebocoran.

  • Menaga kebersihan filter kabin

Filter kabin atau saringan udara terletak di dalam mobil. bisanya filter kabin ini dipasang pada blower dari sistem AC dan terletak pada bagian belakang laci dashboard. Filter kabin berfungsi untuk mencegah agar debu atau kotoran tidak dapat masuk dengan evaporator. Oleh karena itu, menjaga kebersihan filter kabin sangatlah penting.

  • Tidak Merokok Didalam Mobil

Tahukah kamu, bahwa asap rokok dapat menempel pada evaporator AC yang dapat mengganggu kinerja AC. evaporator AC adalah bagian dari pendingin yang tugasnya mengeluarkan udara dingin di dalam kabin mobil. Jika evaporator ini rusak, maka kamu akan merasakan udara yang panas di dalam kabin.

  • Tidak Membuka Jendela Mobil Saat AC Menyala
BACA JUGA :  Rekomendasi Mobil Honda 300 Jutaan 2022

Cara merawat AC mobil yang selanjutnya adalah tidak membuka jendela saat AC sedang menyala. Karena AC mobil didesain tidak untuk mendinginkan ruangan yang besar. Jika jendela mobil terbuka, maka kinerja AC akan bertambah berat. Debu atau kotoran juga dapat terbang dan masuk ke dalam filter AC sehingga berdampak buruk pada performa AC.

  • Sering Gunakan AC Mobil

Ada baiknya jika kamu selalu menyalakan AC mobilmu saat berpergian kemanapun. Karena jika kamu tidak menyalakan AC dalam jangka waktu yang lama, maka akan muncul endapan debu pada seluruh bagian saluran pendingin dan dapat mempengaruhi kualitas udara di dalam kabin mobil ketika mobil dipakai kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published.