...
cpns2
image source: bisnis.tempo.co

Ikuti Tips Ini Agar Lulus Tes CPNS 2021, Mari Belajar Dari Sekarang

Ikuti Tips Ini Agar Lulus Tes CPNS 2021, Mari Belajar Dari Sekarang – Informasi mengenai waktu pembukaan pendaftaran seleksi CPNS akan diumumkan pada akhir bulan berikutnya. Bagi yang berminat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus mempersiapkan diri mengikuti seleksi mulai dari sekarang. Berikut adalah beberapa tips sebagai kunci Lulus Tes Cpns 2021.

Kondisi Fisik Harus Prima untuk Konsentrasi

Kondisi fisik yang prima menjadi modal untuk melakukan tes SKD dan SKB. Tips yang paling penting adalah menjaga kesehatan agar tubuh tetap fit saat mengerjakan soal-soal.

Cari Tahu Jenis Pertanyaannya

Kemudian, cari tahu jenis-jenis soal SKD dan SKB yang diujikan agar lebih fokus mempelajari materi. Untuk berhasil lolos seleksi CPNS, Anda diharuskan mempersiapkan diri jauh-jauh hari dengan mengerjakan soal-soal Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) dan Seleksi Kemampuan Bidang (SKB).

Mengukur Kemampuan SKD

Pertama, mengukur kemampuan mengerjakan soal-soal seleksi kompetensi dasar (SKD). Hal ini sangat penting karena akan berkaitan dengan pilihan institusi. Sangat mudah untuk menguji. Anda dapat membeli buku tes CPNS SKD, dan menghitung sendiri hasil SKD Anda. Biasanya manual CPNS akan mencantumkan cara menghitung nilai SKD. Calon peserta dapat mempelajari soal CPNS sebelumnya karena soal CPNS memiliki pola yang sama dari tahun ke tahun.

Tes SKD merupakan tes awal untuk CPNS dimana banyak peserta yang akan gagal dalam tes ini. Setelah itu simpan hasil tes SKD Anda. Tapi tentu saja, jangan hanya mengambil satu hasil tes. Mencobanya beberapa kali dan bahkan banyak disarankan.

Petakan Hasil CPNS SKD Tahun Lalu (CPNS 2018 Dan CPNS 2019) di Instansi yang Anda Incar

Beberapa instansi dengan nilai SKD tinggi ada di Kementerian Luar Negeri (Kemenlu). Sementara itu, tugas Anda adalah mencari tahu di level mana skor SKD Anda. Jika skor SKD Anda jauh dari level peserta CPNS 2018 atau CPNS 2019 di institusi yang Anda incar, sebaiknya Anda berpikir dua kali untuk melamar di sana. Karena itu berarti peluang kamu untuk gagal dalam ujian SKD akan sangat besar.

Pelajari Materi SKB dari Sekarang

Apa pentingnya memantapkan pilihan formasi mulai sekarang? Jawabannya adalah bisa mempersiapkan diri untuk mempelajari materi SKB dari sekarang. Banyak yang bilang yang penting lulus SKD dulu. Namun jangan salah, setelah Anda lulus SKD, maka SKB tersebut menjadi masalah selanjutnya. Dan banyak peserta CPNS yang belum siap saat menghadapi materi SKB. Untuk itulah Anda harus memantapkan formasi apa yang akan Anda pilih untuk CPNS 2021 mulai sekarang.

Dengan begitu Anda bisa mencari kisi-kisi materi SKB mulai sekarang. Ingatlah bahwa nilai SKB memiliki bobot 60 persen pada saat skor SKD dan SKB diakumulasikan. Jadi perebutan SKB mutlak harus dilakukan jika ingin lolos CPNS 2021. Jadi, pilih formasi mulai sekarang.

Memilih Formasi Jabatan

Lalu bagaimana memilih formasi posisi. Untungnya kami membuat fitur yang bagus untuk membantu pelamar. Kami dapat memantau jumlah pelamar di setiap formasi posisi. Sebaiknya manfaatkan sampai hari terakhir, pantau terus formasi posisi yang Anda incar. Lihat jumlah pelamar dari hari ke hari. Jika formasi yang akan diterima adalah 3, dan hanya ada 20 pendaftar, segera ambil formasi posisi.

Namun jika formasi jabatan 1 dan ada 40 atau 50 pelamar, maka pertimbangkan kembali. Mencari pertimbangan adalah dengan melihat nilai simulasi SKD Anda, dan membandingkannya dengan skor tertinggi pada tes CPNS SKD di formasi tersebut.

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang ikuti tips ini agar Lulus Tes Cpns 2021, mari belajar dari sekarang, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *