...
cpns2

Tips Lulus CPNS Sebelum Mendaftar

Tips Lulus CPNS Sebelum Mendaftar – Menjadi pegawai negeri atau pegawai negeri sipil (PNS) mungkin menjadi impian sebagian besar masyarakat Indonesia. Meski persaingan ketat, tidak menyurutkan minat para peserta CPNS. Bagi anda yang sudah mendaftar tapi tidak lolos, ada baiknya menyimak tips Lulus Cpns pada artikel ini. Jadi, ketika ada pembukaan pendaftaran CPNS berikutnya, Anda sudah mempersiapkan diri.

Oleh karena itu, pastikan untuk membaca persyaratan pendaftaran CPNS terlebih dahulu di instansi tempat Anda mendaftar, karena setiap instansi memiliki ketentuan yang berbeda-beda. Jika Anda sudah mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk melengkapi pendaftaran CPNS, Anda segera mempersiapkan dan melakukannya terlebih dahulu.

Tips Lulus CPNS

Pendaftaran CPNS membutuhkan persiapan, mulai dari persyaratan administrasi hingga mengikuti ujian. Jadi, jangan pernah bilang ikut CPNS hanya trial and error. Karena akan membuang-buang waktu jika tidak ada persiapan. Namun, bagi Anda yang serius mengikutinya, ada beberapa tips lulus CPNS di bawah ini.

  • Selalu berdoa kepada Tuhan.
  • Ikuti ujian dengan jujur. Jangan pernah berpikir untuk menyontek saat ujian CPNS. Karena ruang ujian dilengkapi dengan CCTV, sehingga pengawas dapat memantau dengan jelas.
  • Pastikan Anda mengetahui tahapan dalam ujian CPNS. Perhatikan bahwa dalam prosesnya ada beberapa tahapan ujian dan setiap lembaga memiliki model ujiannya sendiri.
  • Jangan remehkan model ujian CPNS yang tersedia. Carilah soal-soal ujian CPNS dari tahun-tahun sebelumnya agar Anda memiliki refrensi untuk belajar.
  • Bersikap tenang saat mengerjakan dan menjawab soal-soal ujian CPNS. Wajar jika Anda gugup dan gugup menghadapi ujian, tetapi jangan biarkan perasaan itu menghentikan Anda untuk berpikir dengan tenang.
  • Jawablah pertanyaan yang mudah terlebih dahulu. Jangan terlalu fokus pada satu pertanyaan. Jika Anda merasa sulit, carilah soal yang lebih mudah untuk diselesaikan terlebih dahulu.
  • Jaga kesehatan baik-baik. Percuma Anda mempersiapkan diri menghadapi ujian CPNS jika kondisi Anda tidak prima.

Memilih Instansi

Tips lulus CPNS selanjutnya adalah memilih agensi. Sebelum mendaftar, Anda harus tahu dulu agensi mana yang ingin Anda tuju. Meski seleksi penerimaan dilakukan secara bersama-sama, namun di lembaga yang berbeda, komposisi soal ujiannya juga berbeda.

Kemudian di beberapa instansi pengujian yang dilakukan biasanya hanya dua tahap, namun untuk Kementerian Luar Negeri bisa sampai empat tahap pengujian. Saran bagi anda yang ingin mendaftar dan lolos seleksi CPNS, pilihlah instansi yang sesuai dengan minat dan jurusan yang anda ambil saat kuliah agar peluang lolos lebih besar.

Belajar Latihan Soal Ujian CPNS

Tips lulus CPNS ini akan memberi tahu Anda jenis tes apa yang digunakan dalam CPNS. Secara umum soal tes CPNS terdiri dari dua macam, yaitu Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). Nah, TKD ini masih dibagi lagi menjadi beberapa tes, antara lain Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Tips Menjelang Ujian CPNS yang Sering Diabaikan

Meskipun tips lulus CPNS di atas sudah Anda siapkan, namun masih ada hal non teknis yang sering diabaikan oleh peserta terutama sebelum ujian CPNS dimulai.

  • Sebelum tes CPNS H-1, Anda perlu survey lokasi terlebih dahulu untuk memastikan lokasinya, sehingga bisa memperkirakan seberapa jauh jaraknya. Selanjutnya, persiapkan diri Anda dengan istirahat yang cukup agar keesokan harinya Anda lebih fit dan tenang untuk menghadapi ujian.
  • Selain itu, alangkah baiknya jika Anda membawa bekal dari rumah agar tidak perlu menunggu lama. Pasalnya salah satu pengalaman peserta CPNS dibuat menunggu berjam-jam, dimana ujian yang seharusnya berlangsung pukul 14.30 diundur hingga pukul 18.30.
  • Sambil menunggu, orang-orang sudah mengantri di luar gedung untuk mendapatkan tempat duduk sebelum memasuki ruang ujian. Kalau begitu kamu akan terjebak dan tidak bisa keluar walaupun hanya untuk membeli minuman.

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang tips Lulus Cpns sebelum mendaftar, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *