...

10 Cara Menghemat Uang Untuk Kesehatan Finansialmu

Memiliki finansial yang stabil adalah impian dari banyak oranng. Namun, tidak semua orang dapat dengan mudah memenuhi finansialnya. Salah satunya dengan melakukan penghematan. Setiap orang juga berbeda-beda dalam melakukannya. Hal ini dikarenakan berbedanya pendapatan dan pengeluaran yang dari masing-masing orang.

Walaupun demikian, hal tersebut seharusnya tidak menjadi penghalang untuk berhemat. Dengan melakukan penghematan, kamu bisa terhindar dari masalah kekurangan atau tidak punya uang hingga akhir bulan. Agar keuangan kamu tetap ada dan terjaga, yuk simak cara menghemat uang di bawah ini!

  • Buat Anggaran

Cara menghemat uang yang pertama untuk para ibu rumah tangga, pekerja ataupun pelajar adalah dengan membuat anggaran. Membuat anggaran dapat membantu kamu untuk melihat dengan jelas semua transaksi yang telah dilakukan setiap bulannya.  Anggaran juga akan membantu kamu dalam meringkas pengeluaran yang diukur dari jumlah pendapatan. 

Selain itu, cara yang satu ini pun dapat membantu kamu untuk mengendalikan pengeluaran yang berlebihan. Dengan begitu, catatlah semua pengeluaran yang telah dilakukan secara teratur setiap hari, mingguan atau bulanan. Dengan begitu, anggaran bisa dibuat dengan lebih mudah. Contohnya, pajak atau asuransi mobil dan motor sebagai pengeluaran jangka panjang.

  • Tidak Mengikuti Gengsi

Tinggi gaya hidup dan pergaulan sekarang ini membuat banyak orang kebesaran pasak dari pada tiang. Tuntutan gaya hidup kadang membuat banyak orang kalap membelanjakan uang sehingga sulit untuk berhemat dan memiliki tabungan. Jika kamu salah satunya, pastikan pemasukan yang kamu terima tidak habis untuk gaya hidup saja.

Ada banyak orang hebat yang bisa kamu tiru gaya hidupnya, seperti Mark Zuckerberg, CEO Facebook/Meta yang kerap tampil sederhana walau memiliki banyak kekayaan. Daripada pakaian branded, belilah pakaian bagus yang sedang diskon di toko butik, atau alih-alih makan siang di kafe akan lebih baik jika kamu menyiapkan sendiri bekal dari rumah.

  • Membuat Dua Rekening Tabungan Berbeda

Memiliki dua rekening tabungan berbeda adalah cara terbaik lainnya untuk menghemat uang. Buatlah rekening tabungan uang berbeda dengan yang bertujuan agar kamu lebih fokus dalam mengatur keuangan. Kamu bisa membuat rekening khusus untuk uang belanja dan rekening untuk tabungan serta dana darurat. Pemisahan rekening ini juga mempermudah kamu dalam mencatat keuangan dan membuat evaluasi dalam mengatur keuangan keluarga.

  • Menerapkan Hidup Minimalis

Cara menghemat uang lainnya yaitu menerapkan gaya hidup yang minimalis. Dengan memilih gaya hidup seperti ini bukan berarti kamu harus hidup kekurangan atau pas-pasan. Hanya saja, kamu memenuhi kebutuhan sesuai dengan porsinya. Bukan berarti kamu tidak bisa membeli barang yang mahal, namun lebih utamakan fungsi dan daya tahan barang tersebut. Misalnya, kamu membutuhkan meja makan, maka belilah meja makan yang tahan lama dan tidak cepat rusak.

Gaya hidup minimalis ini sudah banyak diterapkan oleh beberapa selebriti Indonesia! Mulai dari Cinta Laura hingga Raditya Dika sudah menerapkan gaya hidup ini. Bagi mereka, konsep ini mengajarkan diri mereka untuk selalu berpikir dengan mata sebelum melakukan pengeluaran uang dan membeli barang berdasarkan kegunaannya.

  • Memanfaatkan Promo

Memanfaatkan promo di era serba digital ini adalah hal yang bisa menyelamatkan keuanganmu. Kamu bisa lebih mudah berbelanja melalui platform online. Yang mana kebayakan platform menawarkan berbagai macam promo untuk menarik para pembeli. Kamu bisa meneliti promo dengan membandingkan platform mana yang memberi keuntungan lebih. Namun, jangan sampai promo ini  membuat kamu lupa diri saat berbelanja, ya! Bila kamu berbelanja online dan perlu mengisi e-wallet untuk menghindari transaksi secara tunai.

  • Tidak Membeli Barang yang Tidak Terlalu di Butuhkan

Saat kamu sedang berjalan-jalan atau melihat situs belanja online dan kamu melihat suatu barang yang menurut kamu sangat bagus lalu kamu ingin membelinya, maka kamu dapat menundapembelian barang tersebut. Sebelum kamu memutuskan untuk membeli barang tersebut, cobalah untuk menunda membeli barang tersebut seperti 3-5 hari.

Dengan cara menghemat uang tersebut, kamu akan mengetahui apakah kamu benar-benar membutuhkan barang tersebut atau kamu hanya menginginkan barang tersebut. Dengan begitu kamu bisa menerapkan cara menghemat uang yang secara tidak sadar akan merubah pola kamu dalam berbelanja secara natural. Menunda membeli barang tersebut mungkin kamu juga bisa mendapatkan barang lain yang sama dengan harga yang lebih murah.

  • Menggunakan Uang Tunai saat Bertransaksi

Cara menghemat uang berikutnya adalah disarankan untuk kamu menggunakan uang tunai tunai saat membelui barang yang dibutuhkan daripada menggunakan kartu debit atau kartu kredit.

Contoh, dalam sehari kamu hanya menggunakan sejumlah uang sebesar Rp. 100.000 maka kamu keluarkan uang tunai sebesar itu saja sehingga Anda dapat mengurangi pemakaian kartu kredit atau debit secara impulsif. Gunakan kartu kredit atau debit ketika Anda benar–benar membutuhkannya pada saat kamu berbelanja banyak barang seperti belanja bulanan.

  • Membawa Bekal Saat Berkerja

Tahukah kamu, ketika kamu sedang bekerja dan tidak membawa bekal makan siang,kamu  akan mengeluarkan uang lebih dari jatah makan siang kamu untuk membeli makanan. Hal ini biasanya terjadi karena kamu akan tergiur dengan makanan lainnya yang kamu lihat. Kamu akan mengeluarkan uang secara impulsif hanya untuk makan siang.

Dengan membawa bekal makan siang, bisa menyelamatka keuanganmu dan menghemat. Selain itu, makanan dari rumah sudah terjamin kebersihannya. Cara menghemat uang yang satu ini juga sangat ampuh ketika kamu ingin menabung uang untuk keperluan yang lainnya.

  • Menjadwalkan Pembelian Tambahan 

menjadwalkan pengeluaran untuk membeli barang barang seperti sepatu, pakaian maupun tas dapat mejadi cara tepat untuk menghemat uangmu. Hal ini dikarenakan ketika kamu membelinya hanya karena tergiur dan tidak butuh. Hal ini tentu saja akan menghancurkan pengeluaran kamu setiap bulannya. Jangan sampai kamu tergoda sale setiap harinya.

Untuk mencegahnya, lebih baik kamu mulai menjadwalkan kapan waktu yang tepat untuk berbelanja. Kamu bisa memilih berbelanja baju setiap bulan Januari, atau enam bulan sekali. Kemudian, berbelanja sepatu hanya pada saat sepatu telah waktunya ganti dan lain sebagainya. Dengan menentukan jadwal tersebut akan berguna untuk menghemat pengeluaran setiap bulannya.

  • Memiliki Daftar Kebutuhan

Daftar kebutuhan menjadi salah satu hal yang wajib kamu miliki untuk menghemat keuanganmu. karena dengan adanya daftar ini akan membuat kamu menjadi lebih hemat dan menghindarimu dari berbelanjat impulsif. Sebab, kamu telah tahu hal hal apa saja yang memang sedang kamu butuhkan dan ingin untuk kamu beli.

Kebutuhan adalah sesuatu yang memang dibutuhkan bukan diinginkan. Oleh karena itu, kamu harus mementingkan untuk membelikan barang barang yang memang diperlukan. Seperti barang tersebut telah habis, sehingga bulan ini kamu wajib untuk menyetoknya kembali. Untuk daftar kebutuhan ini, kamu bisa membuatnya sedetail mungkin.

Semoga tips di atas dapat membantu kamu dalam menghemat uang ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *