...

10 Manfaat Yang Akan Dirasakan Jika Mengkonsumsi Madu

Madu memiliki banyak sekali manfaat yang sudah tidak diragukan lagi untuk Kesehatan tubuh. Madu di peroduksi secara alami oleh lebah yang memiliki kandungan yang sangat berkhasiat untuk tubuh, seperti menjaga imunitas tubuh, meredakan batuk, menjaga sistem pencernaan dan berbagai manfaat lainnya. Madu dikenal memiliki beragam kandungan nutrisinya di dalamnya. Selain memiliki rasanya yang manis, madu juga mengandung vitamin A (retinol), vitamin B kompleks, vitamin C, dan senyawa aktif, seperti flavonoid dan asam fenolik. Madu juga dijadika sebagai  alternatif pemanis makanan dan minuman yang lebih sehat, terutama bagi penderita diabetes, karena indeks glikeminya yang rendah. Untuk mencari tahu apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mengonsumsi madu, kamu bisa simak simak ulasannya di bawah ini!

Ragam Manfaat Yang Akan Dirasakan Jika Mengkonsumsi Madu

  • Dapat Mengobati Batuk dan Sakit Tenggorokan 

Di terbit dalam Journal Pediatrics, sebuah studi pada tahun 2012 yang menemukan bahwa mengonsumsi dua sendok teh madu dapat membantu menyembuhkan batuk yang mengganggu.  Dalam penelitian lainnya yang melibatkan 139 anak menemukan bahwa madu dapat meredakan batuk di malam hari dan meningkatkan kualitas tidur dibandingkan dengan obat batuk anak. Dilansir dari CNN, penelitian asal Italia dan Israel juga memberikan hasil yang sama, walau menggunakan jenis madu yang berbeda. Namun, madu belum boleh diberikan pada anak berusia di bawah satu tahun. Ini karena sistem pencernaan bayi tidak dapat mengatasi kontaminasi dalam madu.  Madu juga bisa menjadi obat alami untuk sakit tenggorokan. Terdapat sifat anti-inflamasi pada madu bisa membantu mengatasi peradangan di tenggorokan. Sifat antimikrobanya juga membantu mengatasi flu dan pilek. Kamu bisa mengonsumsi madu dengan mencampurkannya dengan air hangat bersama lemon atau teh.

  • Membantu Mempercepat Penyembuhan Luka

Madu ternyata dapat menyembuhkan berbagai jenis luka, termasuk luka bakar. Madu sendiri sudah digunakan sejak zaman Mesir Kuno yang didukung dengan 26 penelitian yang memberikan hasil serupa. Dalam sebuah 26 penelitian tersebut menyatakan bahwa madu paling efektif untuk menyembuhkan luka bakar dan luka parsial yang terinfeksi setelah operasi. 43,3 persen kesembuhan yang dapat dengan madu sebagai perawatan luka. Dalam penelitian lain, madu topikal menyembuhkan 97 persen pasien dengan luka diabetik. Para peneliti percaya, khasiat penyembuhan madu berasal dari sifat antibakteri dan anti-inflamasi serta kemampuannya untuk memelihara jaringan di sekitarnya.

  • Menjadi Energgi Booster

Berdasarkan dari Healthline, secara nutrisi, satu sendok makan madu mengandung 64 kalori dan 17 gram gula termasuk fruktosa, glukosa, maltose dan sukrosa. Kandungan tersebut membuat madu menjadi sumber energi yang baik. Glukosa dalam madu tersebut diserap oleh tubuh dengan cepat dan memberikan dorongan energi langsung. Selain itu, fruktosa memberikan energi berkelanjutan karena diserap lebih lambat. Madu juga ditemukan menjaga kadar gula darah cukup konstan dibandingkan dengan jenis gula lainnya.

  • Dapat Mengatasi Asam Lambung

Diterbitkan oleh British Medical Journal (BMJ), penelitian menyatakan bahwa sifat kental madu dapat membantu menjaga asam tetap rendah. Salah satu anggota tim mereka melihat setelah mengkonsumsi 5 ml (sekitar satu sendok teh) bisa mencegah gejala sakit maag. Madu juga bisa mengurangi peradangan di kerongkongan. Tekstur madu memungkinkannya untuk melapisi selaput lendir kerongkongan dengan lebih baik. Ini dapat berkontribusi pada kelegaan yang bertahan lebih lama. Madu juga memiliki sejumlah sifat antibakteri dan antivirus mencegah timbulnya tukak lambung.

  • Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat mengonsumsi madu lainnya yaitu dapat menurunkan berat badan. Campuran madu dan air hangat bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan metabolisme yang sehat dapat membantu proses pencernaan makanan lebih cepat dan membantu menurunkan berat badan dalam jangka panjang. Dengan minum air madu hangat sebelum makan besar dapat meningkatkan perasaan kenyang dan mencegah makan terlalu banyak. Rutin minum air madu hangat sebelum tidur juga dapat membantu proses pembakaran lemak yang akhirnya membantu penurunan berat badan.

  • Menyehatkan Jantung

Madu juga dapat menyehatkan dan mencegah penyakit jantung. Dengan minum madu dapat memberikan efek menguntungkan pada kesehatan jantung, seperti penurunan tekanan darah dan kadar lemak darah. Konsumsi madu alami meningkatkan antioksidan polifonik dalam darah yang membantu mencegah penyakit jantung. Sebuah studi menyatakan bahwa antioksidan pada madu dapat membantu mengontrol kadar kolesterol, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, meskipun studi jangka panjang yang lebih besar diperlukan untuk mengkonfirmasi temuan tersebut.

  • Mengobati Penyakit Asam Urat

Asam urat merupakan penyakit yang menyerang bagian persendian yang terjadi karena kadar asam urat atau uric acid terlalu tinggi. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit ini, salah satunya  menggunakan madu. Madu memiliki manfaat yang dapat menetralkan senyawa purin yang ada di tubuh. Senyawa tersebut bisa memicu kadar asam urat menjadi tinggi. Meskipun konsumsi madu bisa menurunkan kadar asam urat, namun untuk mendapatkan pengobatan yang lebih intensif, lakukan pemeriksakan diri ke dokter.

  • Menyembuhkan Jerawat dan Bekas Jerawat

Banyak orang yang mengeluh masalah jerawat pada wajah. Jerawat bukan hanya masalah bagi para perempuan saja, namun laki-laki pun bisa memiliki jerawat di wajah. Madu dapat menjadi tips yang bisa kamu pilih untuk penyembuhan bekas jerawatmu. Terdapat kandungan anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan yang disebabkan jerawat. Bukan hanya untuk menyembuhkan jerawat saja, madu juga bisa digunakan untuk menghilangkan atau menyamarkan bekas jerawat. Caranya cukup mudah, dengan mengoleskan madu ke wajah, kemudian tunggu beberapa menit lalu bilas. Selain menggunakan madu murni, kamu juga bisa mencampurkan madu dengan bubuk kunyit untuk mendapatkan hasil maksimal dan cepat.

  • Mengobati Bibir Kering

Bibir dapat mengalami kekeringan yang tidak seperti biasanya. Kondisi ini terjadi karenan kurangnya cairan dalam tubuh alias dehidrasi. Bibir yang kering menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan menyebabkan luka yang membuat bibir terasa perih. Untuk mengatasi masalah bibir kering, kamu bisa menggunakan madu sebagai solusi. Caranya, dengan mengoleskan madu sebelum tidur seperti saat menggunakan lip balm atau pemoles bibir. Lalu, keesokan harinya kamu akan merasakan manfaat madu dan mendapaati bibir yang lebih lembab.

  • Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat mengonsumsi madu yang di incar banyak kaum hawa, yaitu dapat memutihkan atau mencerahkan wajah. Kulit yang bersih dan cerah adalah idaman banyak orang terutama kaum hawa. Banyak produk kecantikan yang menjanjikan bisa memutihkan kulit dalam waktu sekejap, namun itu belum tentu aman. Cara yang paling efektif dan dijamin aman untuk memutihkan wajah adalah dengan menggunakan madu alami. Kamu bisa mencampurkan madu dengan berbagai bahan alami lainnya seperti lemon dan yoghurt, kemudian oleskan pada wajah sebagai masker. Diamkan sekitar 15 menit, lalu bilas menggunakan air hangat. Untuk hasil maksimal, lakukan perawatan ini secara rutin dalam satu minggu.

Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *