...

4 Tips Untuk Merawat Printer Agar Awet

Printer merupakan sebuah hadware output yang berfungsi untuk kegiatan percetakan, baik itu percetakan besar seperti bisnis atau percetakan rumahan . untuk merawat printer sendiri terbilang susah gampang, printer termasuk hadware yang gampang rusak jika tidak pandai dalam merawatnya. Printer jugaa memiliki banyak jenis, seperti printer laser, printer inkjet , printer plotter dan lainnya. Sedangkan perawatan memiliki perbedaan masing-masing. Ada beberapa merk printer, seperti Lexmark, Canon, Epson dan masih banyak lagi. Setiap mereknyaa memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. Kali ini kami memberi beberapa tips untuk merawat printer agar tetap bagus dan tahan lama. Yuk, simak ulasannya berikut ini! 

  • Megangganti Selang Infus Secara Rutin

biasanya, jenis tinta yang biasa digunakan untuk mencetak akan mempengaruhi lama masa penggunaan selang. Selang memiliki peran penting untuk menyalurkan tinta dari tabung infus menuju ke cartridge printer.namun, masih banyak orang yang menganggap selang printer layak digunakan selama dapat mengalirkan tinta, padahal ha tersebut salah besar. Karena, selang yang tidak pernah diganti dalam waktu sangat lama dapat menyebabkan selang menjadi keras dan akhirnya gerakan dari selang menjadi tidak teratur, bahkan dapat menyebabkan tersangkut ketika sedang proses mencetak.

  • Selalu Menggunakan Printer

Terdapat banyak sekali gear spare part penggerak printer yang dilapisi oleh Grease Pelumas Mekanik didalam body printer. Jika printer tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, pelumas tersebut akan perlahan mongering. Dan jika gear bergerak tanpa adanya pelumas, maka gear akan mengalami kerusakan seperti tersendat bahkan patah. Jika melakukan pencetakan secara rutin maka Kualitas Cartridge dan Head Printer akan tetap terjaga karena bekerja menyemprotkan tinta secara rutin.

  • Istirahat Saat Menggunakan Printer Dengan Berat

Lakukan istrihat pada printer selama 15 menit setiap selesai mencetak sebanyak 20-30 lebar kertas. Hal ini termasuk dari bagian cara merawat printer agar tetap awet. Selama ini banyak pengguna printer yang memaksakan diri mencetak dalam jumlah banyak sekaligus sehingga membuat komponen mudah rusak termasuk cartridge yang mulut semprotnya menjadi tersumbat.

  • Pilih Tinta Sesuai Rekomendasi

Ada banyak jenis mesin printer yang bisa kamu beli. Untuk itu kamu harus mengetahui setiap seri dan setiap merek itu berbeda. Tinta yang direkomendasikan juga berbeda. Hal ini dikarenakan Tinta sangat tergantung pada cartridge dan juga komponen di dalam mesin printer. Jadi, sangat penting bagi kamu untuk mencari tahu atau membaca buku panduan. Perhatikan tinta seperti apa yang direkomendasikan untuk printer yang kamu gunakan.

Itu dia 4 tips merawat printer agar tetap awet dan tahan lama. Berikan perawatan yang rutin agar printermu dapat tahan lama. Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *