...

4 Tips Menjaga Kesehatan Baterai Android

Bingung, kenapa baterai HP cepat habis? Baterai habis, padahal baru digunakan sebentar? Mungkin, semua pernah mengalami baterai HP habis dan sibuk mencari charge untuk mengecas. Ada beberapa cara yang perlu kamu gunakan untuk menjaga Kesehatan bayerai HP, karena hampir setiap waktu kamu menggunakan perangkat ini. Baik itu urusan pekerjaan, mengakses medsos, YouTube-an, bermain game, sampai berkomunikasi dengan teman atau keluarga. Berikut ini, beberapa tips untuk menjaga baterai HP tetap awet.

  • Turunkan Kecerahan Layar

Mungkin kamu akan kesulitan melihat HP saat berada diluar. Oleh karena itu, tentunya kamu akan menaikkan kontras HP-mu. Namun, layar yang terlalu terang akan menguras baterai lebih cepat. Semakin terang layar, semakin banyak daya yang dibutuhkan. Yang mana akan menurunkan baterai 8 persen/jam untuk layar LCD. Sementara, tipe layar LED, akan menguras baterai 20 persen/jam. Oleh karena itu, lebih baik kurangi kecerahan layar saat kamu tidak menggunakannya.

  • Menjaga Suhu HP

Suhu ideal untuk baterai berjenis lithium-ion adalah 0℃ dan 45℃. Jika suhu HP-mu dibawah 0℃, maka akan cepat mengurangi baterai HP. Hal ini disebabkan pembatasan pergerakan logam lithium dan ion litium dalam elektroda dan melalui elektrolit. Sementara, suhu di atas 45℃ akan membuat baterai cepat berkurang. Saat kondisi terik, baterai mengalami penurunan daya baterai. Oleh karena itu, hindari penggunaan HP dibawah sinar matahari langsung harus dihindari.

  • Jaga Level Daya Baterai

Akan lebih baik mengecas baterai ponsel ketika sudah 30 persen. Dan lebih baik jika mengecas HP kamu sebelum 20 persen. Hal Ini akan membantu memperpanjang umur baterai kamu. Disarankan juga untuk melepaskan kabel pengisi daya setelah ponsel kamu terisi penuh, untuk menghindari menyimpannya di tingkat baterai yang tinggi untuk waktu yang lama.  Pengguna juga disarankan agar jangan membiarkan HP tidak terisi daya untuk waktu yang lama.

  • Aktifkan Mode Pesawat

Mengaktifkan mode pesawat adalah cara yang paling ampun yang digunakan banyak orang. Apalagi, saat sekarat. Mode pesawat akan mematikan seluruh konektivitas di smartphone. Mulai dari jaringan seluler, Bluetooth, WiFi dan GPS. Kamu juga tidak bisa berkirim atau menerima SMS dan menelepon. Menghidupkan mode pesawat akan membuat baterai tahan lebih lama. Hal ini di karenakan HP tidak terus-menerus melakukan ‘ping’ ke menara seluler untuk terhubung ke jaringan. Smartphone yang tidak mengaktifkan mode pesawat akan kehilangan baterai 10 persen lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *