...

5 Kelebihan Menggunakan Sistem Operasi Linux

Linux digunakan sebagai sistem operasi untuk berbagai jenis perangkat keras computer, seperti komputer desktop, supercomputer, dan embedded sistem seperti buku pembaca elektronik, sistem permainan video XboX, PS 2, PS 3, telepon genggam dan router. Linux dikenal untuk penggunaannya di server, dan didukung perusahaan-perusahaan komputer terkenal seperti Intel, Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystem. berikut ini beberapa manfaat dan keunggulan menggunakan Linux yang dapat kamu ketahui!

5 Kelebihan Menggunakan Linux

  • Gratis 

Linux dapat menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang tidak ingin mengeluarkan uang untuk sebuah sistem operasi. Jika kamu pengguna Linux, kamu akan terbebas dari sistem operasi bajakan, software crack, patch, dan lainnya. Selain gratis, kamu juga dapat memodifikasi OS Linux sesuka hati.

  • Keamanan Yang Unggul

Ini merupakan kelebihan Linux dibanding Windows. Linux memiliki keamanan yang lebih unggul karena hak aksesnya yang terbatas. Tidak ada celah untuk masuk ke sistem Linux. Missal, jika kamu ingin menginstal aplikasi , maka memerlukan repository online. Meskipun bisa secara offline, tetapi sangat jarang kali orang-orang jahat membuat virus di ekstensi aplikasi Linux. 

  • Banyak Varian Distro

Linux mempunyai banyak varian distro yang di tawarkan. Kamu dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya. Seperti Linux Ubuntu, Fedora, Arch Linux, Gentoo untuk pengguna umum. Fungsi Linux ubuntu yaitu dapat di gunakan tidak hanya pada komputer server dan komputer admin saja tapi juga cocok untuk penggunaan pada komputer personal atau pribadi.

  • Open Source

Kelebihan Linux berikutnya yaitu sistem operasi ini banyak digunakan di server atau OS smartphone adalah open source. Dengan begitu, kamu dapat menggunakan Linux tanpa perlu ada lisensi yang dibeli dengan harga yang lumayan, seperti pada Windows.  Selain open source dan gratis kini siapapun dapat menggunakan sistem operasi Linux sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

  • Anti Malware

Sistem komputer yang satu ini juga anti akan malware di banding dengan sistem operasi lainnya. Keamanan Linux terhadap serangan malware dapat dijamin. Dengan beberapa tingkat di atas yang lainnya. Tetapi, bukan berarti Linux tidak dapat di serang. Sekali ada beberapa risikonya jauh lebih kecil dibanding sistem operasi lain. Seperti di Windows, karena Linux mewajibkan penggunanya untuk menjadi administrator terlebih dulu jika ingin menjalankan program atau mengeksekusi kode tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *