...

5 Kelebihan Bisnis Agrikultur Yang Mesti Kalian Ketahui

Pertanian adalah bidang yang banyak dimanfaatkan sebagai mata pencaharian masyarakat Indonesia. Saat ini, pertanian memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia. sektor pertanian mampu menyediakan lapangan kerja untuk lebih dari 13 juta penduduk di Indonesia. Sudah banyak masyarakat Indonesia baik dari pedesaan ataupun  perkotaan besar yang menjalankan bisnis pertanian khususnya dalam bisnis tanaman, perkebunan dan peternakan. Berikut ini kelebihan dari berbisnis pertanian yang dapat kamu ketahui.

5 Kelebihan Bisnis Agrikultur

  • Berkorelasi Baik Dengan Inflasi

Lahan pertanian dinilai memiliki korelasi baik dengan inflasi. Seperti harga tanah pertanian akan meningkat lebih cepat dibanding inflasi, tanah pertanian menjadi pelindung nilai inflasi yang efektif dan membuat modal lebih aman. Banyak investor tertarik dengan hal ini karena  khawatir akan kebijakan pemerintah inflasi atau inflationary government policies.

  • Investasi Pertanian Memberi Hasil Yang Tinggi

Kelebihan berikutnya yaitu berinvestasi lahan pertanian memberikan pengembalian modal dan operasi  melalui apresiasi nilai asset dan  pendapatan sewa. Seperti, total hasil dari lahan pertanian telah mengungguli obligasi, aset utama saham , real estate di pasaran, walaupun risikonya terbilang rendah. 

  • Pendapatan Stabil

Lahan pertanian memang memberikan pendapatan yang reguler kepada investornya, berbeda dengan inflationary hedges, logam mulia atau yang populer lainnya, menjadikannya pengganti yang berguna  dan bebas resiko yang hilang pada deposito tunai dan obligasi karena suku bunga rendah. Aset pertanian memberikan tawaran sesuai tingkat pendapatan yang dapat di atas 5% per tahunnya. Walau berinvestasi pertanian tidak selalu menghasilkan pendapatan yang tinggi dalam sektor real estate, namun pendapatan yang kamu peroleh dari investasi pertanianboleh diapresiasi. Selain itu, iInvestasi pertanian juga menawarkan potensi pertumbuhan modal yang kuat dan tingkat hunian penyewa hamper 100%. berbeda dengan properti komersial, permintaan kualitas lahan pertanian selalu tinggi, terlepas dari lingkungan ekonomi.

  • Keamanan Modal

Kelebihan berinvestasi pertanian terakhir yaitu dukungan oleh aset solid dalam pasokan terbatas dan nilainya tidak akan turun.seperti, investasi pertanian menunjukkan sifat perlindungan terhadap modal yang kuatdalam jangka waktu yang lama. Berbeda dengan investasi pada sumber daya lainnya, seperti pertambangan maupun minyak & gas, lahan pertanian yang dikelola dengan baik dapat menjadi sumber daya yang sepenuhnya terbarukan dan terus menjadi produktif selamanya.

Nah,  itulah beberapa kelebihan dari berinvestasi pertanian yang harus kamu ketahui. Dengan mengetahui keuntungan-keuntungan investasi pertanian yang tertulis diatas, mungkin dapat membuatmu tertarik untuk mencoba bisnis ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *