fbpx
Dampak Buruk Media Sosial Dan Bagaimana Mengatasinya

Dampak Buruk Media Sosial Dan Bagaimana Mengatasinya

Advertisements

Dewasa kini, sosial media adalah platform yang hampir semua orang punya dan miliki. Dalam penggunaan media sosial tentu ada manfaat yang terkandung, seperti media untuk bersilaturahim dengan kawan lama maupun keluarga yang berjarak jauh dari tempat tinggal kita. Bahkan trend saat ini media sosial dapat menjadi pundi pundi penghasilan kedua setelah pekerjaan tetap anda. Namun di balik itu semua ada juga dampak negatif yang diakibatkan oleh pengguna sosial media yang tidak bijak. Berikut dampak yang sering ditimbulkan:

Dampak Negatif

Jenuh & Stress

Jenuh yang diakibatkan oleh sosial media adalah jenuh yang seringkali mengarah kepada lelah secara pikiran dan mental. Begitu juga stress yang terkadang melanda akibat melihat gambar atau seseuatu yang dapat mengakibatkan rasa iri, kebencian, kemarahan dan lain sebagainya. Bahkan kasus lebih parahnya dapat mengakibatkan depresi dan tekanan mental.

Tidak Percaya Diri

Tidak percaya diri kerap kali terjadi karena adanya ketidak yakinan pada diri sendiri, dan ini sering kali terjadi oleh pengguna sosial media yang tidak bijak, selalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain, overthinking terhadap pencapaian orang lain, atau bahkan lebih parahnya menganggap diri sendiri tidak berguna.

Membuat Sensasi Keributan

Keributan biasanya terjadi karena adanya konfrontasi antar netizen atau antar kelompok, adu argumen, saling mencaci, mengumbar fitnah dan lain sebagainya. Fenomena ribut ini sangat tidak elok terjadi pada media sosial, apalagi jika sampai keributan tadi ditunaikan dalam kehidupan nyata.

BACA JUGA :  3 Aplikasi Penunjang Produktifitas Bekerja

3 hal diatas adalah salah satu contoh pengunaan media sosial yang tidak bijak yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. lalu bagaimana mengatasi dampak buruk sosial media? berikut beberapa tips dari kami:

Tips Menghindari Dampak Buruk Medsos

Batasi Penggunaan Sosial Media

Menggunakan sosial media yang terlalu lama tentu dapat menyebabkan kejenuhan dan membuang buang waktu kita, oleh karena itu kita mesti membatasi penggunaanya, bisa dengan membatasi waktu penggunaan dengan aplikasi atau mematikan ponsel.

Hindari Mengkonsumsi Berita Negatif, Hoax Dan Semacamnya

Berita negatif dan semacamnya dapat membuat anda stress, marah, emosi atau bahkan hingga depresi. Hal ini tentu berakibat tidak baik bagi anda, misal anda sedang happy kemudia karena menggunakan sosial media dan melihat berita negatif mood anda rusak dan hancur. Menghindari berita negatif, hoax dan semacamnya dapat anda lakukan dengan tidak mengikuti sumber berita yang tidak terpercaya, akun akun tidak jelas, sesuatu yang sensasional dan lain sebagainya.

Gunakan Sosial Media Seperlunya

Menggunakan media sosial seperlunya adalah salah satu solusi untuk menghindari dampak buruk dari sosial media, seperlunya dalam penjelasan disini adalah dimana memang saatnya menggunakan media sosial, seperti melihat kabar keluarga, teman, kerabat maupun bertukar pesan dan saling menanyakan kabar. Atau jika anda berbisnis dengan menggunakan platform media sosial anda dapat sekedar memantau proses bisnis dan merespon klien, konsumen dan pelanggan.

Nah itulah beberapa tips yang dapat kami berikan kepada anda sekalian untuk menghindari dampak buruk dari media sosial, tentu setiap orang berbeda tujuan dalam menggunakan media sosial, ada yang berbisnis, sekedar hobby, sekedar melepas penat, menunjukan jati diri, berkarya dan lain sebagainya. Oleh karena itu gunakan dengan bijak sosial media yang anda gunakan. Teknologi dapat dianalogikan atau diibaratkan sebagai pisau, anda dapat menggunakanya untuk hal hal yang positif dan mengungkan anda maupun sebaliknya. Semoga membantu dan bermanfaat.