...
Hacker illustration
Image Source: Pixabay.com

Tips Mengamankan Akun Facebook dari Hacker

Tips Mengamankan Akun Facebook dari Hacker – Facebook adalah sosial media dengan jumlah pengguna terbanyak. Oleh karena itu, Facebook seringkali menjadi incaran orang-orang yang tidak bertanggung jawab, yaitu para hacker yang mencoba mengambil keuntungan secara ilegal dari banyaknya akun di Facebook. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui tips mengamankan akun Facebook dari hacker.

Beberapa orang mungkin pernah mengalaminya atau Anda mungkin pernah mengalaminya sendiri. Biasanya akun Facebook yang diretas oleh seseorang memiliki tanda bahwa akun tersebut akan menampilkan unggahan yang tidak pernah Anda lakukan, lebih parahnya lagi, peretas bisa berpura-pura menjadi Anda dan melakukan penipuan kepada teman atau keluarga Anda.

 

Tips Mengamankan Akun Facebook

Memasang Nomor Telepon

Dengan memasang nomor telepon di akun fb Anda, ini dapat mencegah pencurian/atau orang lain untuk masuk ke akun Anda. Disarankan agar Anda selalu menambahkan email ke akun Anda untuk membantu mendapatkan akses ke akun Anda jika Anda tidak dapat mengakses ponsel Anda. Cara menambahkan nomor ponsel pertama Anda atau nomor lain di akun Facebook baru sebagai berikut:

  • Klik di kanan atas Facebook.
  • Pilih Pengaturan & Privasi > Pengaturan.
  • Klik Telepon di bilah sisi kiri.
  • Klik + Tambah Nomor Ponsel untuk menambahkan nomor ponsel pertama Anda atau klik + Tambah nomor ponsel lain untuk menambahkan nomor lain.
  • Masukkan nomor ponsel Anda dan pilih untuk menerima kode konfirmasi melalui SMS atau panggilan telepon, lalu klik Lanjutkan. Anda mungkin perlu memastikan bahwa Anda telah mengaktifkan SMS.
  • Masukkan kode konfirmasi Anda dan klik Konfirmasi.

Mengganti Password dengan Kombinasi yang Rumit

Anda perlu mengganti pasword Facebook anda dengan kombinasi yang rumit yang tidak mudah ditebak. Juga akan lebih baik jika Anda mengubah kata sandi Anda secara teratur, Anda dapat melakukannya setiap enam bulan sekali untuk meningkatkan keamanan akun Anda.

Untuk menggunakan password, usahakan untuk memasukkan password dengan jumlah minimal 10 karakter. Kombinasikan huruf besar dan kecil, angka, dan tanda baca sedapat mungkin, dan sebaiknya gunakan kata sandi yang panjang dan rumit karena ini akan mempersulit peretas untuk membobolnya. Namun meski begitu, jangan sampai Anda membuat password tapi Anda sendiri yang melupakannya.

 

Mengaitkan Email Aktif

Anda dapat menambahkan alamat email akun Anda di pengaturan, dengan cara berikut:

  • Klik di kanan atas Facebook.
  • Pilih Pengaturan & Privasi > Pengaturan.
  • Klik Kontak pada tab Umum.
  • Klik Tambahkan email atau nomor ponsel lain, lalu masukkan email Anda dan klik Tambah.
  • Anda perlu memasukkan pasword Facebook. Masukkan kata sandi dan klik Kirim, lalu Tutup.

Ketika alamat email telah dimasukkan maka Facebook akan mengirim email yang berisi konfirmasi pada alamat email yang ditautkan tersebut. Anda harus mengklik tautan tersebut untuk mengkonfirmasi jika email telah ditambahkan pada Facebook. Jika tautan di email Anda tidak berfungsi:

  • Salin kode konfirmasi yang dikirim oleh Facebook di email Anda.
  • Di bagian Kontak di pengaturan Anda, klik Konfirmasi.
  • Tempel kode Anda dan klik OK.
  • Klik Simpan Perubahan.
  • Menggunakan fitur ‘peringatan login’

Fitur ini akan membuat Anda saat login, Facebook akan memberi tahu Anda jika akun tersebut diakses oleh pengguna yang tidak dikenal. Peringatan ini juga akan memberi tahu perangkat apa yang mencoba masuk dan lokasinya.

Untuk mengaktifkannya, cari di setting > pilih Security and Login Info > scroll ke bawah dan klik Edit pada kolom Get Alerts About Unknown Login > pilih Get Notifications melalui opsi yang Anda inginkan, seperti Notifications, Messenger, atau Email > Save Changes.

 

Demikian ulasan tentang tips mengamankan akun facebook dari hacker, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *