...

merupakan sinar elektromagnetik yang memiliki panjang gelombang lebih dari cahaya yang terlihat, yakni antara 700 nm dan 1 mm.adalah pengertian dari

Merupakan sinar elektromagnetik yang memiliki panjang gelombang lebih dari cahaya yang terlihat, yakni antara 700 nm dan 1 mm.adalah pengertian dari radiasi inframerah. Radiasi inframerah adalah sejenis sinar elektromagnetik yang memiliki panjang gelombang lebih panjang dari cahaya yang dapat dilihat oleh manusia, yaitu antara 700 nm dan 1 mm.

Radiasi inframerah memiliki sifat-sifat yang mirip dengan cahaya, seperti dapat dipantulkan, difraksikan, dan diserap oleh benda-benda di sekitarnya. Namun, karena memiliki panjang gelombang yang lebih panjang dari cahaya yang dapat dilihat oleh manusia, radiasi inframerah tidak dapat dilihat oleh mata manusia dan hanya dapat dirasakan melalui sensasi panas pada kulit.

Radiasi inframerah dapat diproduksi oleh benda-benda yang memiliki suhu tertentu, seperti bola api, lilin, dan benda-benda yang memancarkan panas. Radiasi inframerah juga dapat digunakan untuk mendeteksi suhu benda-benda di sekitarnya, misalnya untuk mengukur suhu tubuh manusia atau untuk mengontrol suhu ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *