...

operating sistem yang mengunakan gambar atau image sebagai sarana interaksi dengan pengguna diistilahkan dengan

Operating system yang menggunakan gambar atau image sebagai sarana interaksi dengan pengguna diistilahkan dengan istilah graphical user interface (GUI). GUI adalah sebuah antarmuka pengguna yang menggunakan elemen-elemen visual seperti ikon, tombol, menu, dan lain-lain untuk memudahkan pengguna dalam mengakses dan menggunakan perangkat lunak yang ada pada komputer.

GUI pertama kali dikembangkan pada tahun 1973 oleh Xerox PARC (Palo Alto Research Center) untuk sistem operasi Xerox Alto. Kemudian, GUI mulai digunakan oleh sistem operasi lain seperti Apple Macintosh dan Microsoft Windows. GUI sangat membantu pengguna dalam mengoperasikan perangkat lunak komputer, karena pengguna dapat mengakses perangkat lunak dengan cara mengklik ikon atau tombol yang terdapat pada layar, sehingga lebih mudah dan intuitif dibandingkan dengan menggunakan perintah teks.

Sistem operasi yang menggunakan GUI biasanya juga menyediakan fitur-fitur lain seperti desktop, taskbar, dan start menu untuk memudahkan pengguna dalam mengakses perangkat lunak dan file yang ada pada komputer. Selain itu, GUI juga dapat menampilkan informasi secara visual dengan menggunakan dialog box, pop-up menu, dan lain-lain. Dengan demikian, GUI membantu pengguna dalam mengoperasikan komputer dengan cara yang lebih mudah dan intuitif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *