fbpx

7 Tips Merawat iPhone Dan Layarnya Yang Kamu Bisa Terapkan

Saat kamu tidak sengaja menjatuhkan iPhone kesayangan sehingga membuatnya retak, lecet atau membuat salah satu komponennya rusak. Maka tentu hal ini membuatmu harus memperbaikinya atau menggantinya dengan yang baru. Produk-produk keluaran Apple dikenal mahal. Mulai dari komputernya hingga ke perangkat komunikasinya seperti iPhone. Belum lagi dengan harga komponen yang dijual secara terpisah. Oleh karena itu, merawat iPhone agar tetap awet sangat diperluka. Nah, berikut ini ada beberapa tips jitu agar layar iPhone milikmu tetap awet dan tahan lama.

  • Rutin Membersihkan Ponsel iPhone

Tips pertama yang bisa kamu lakukan agar iPhone kamu tetap awet dan tidak gampang rusak yaitu rutin membersihkan iPhone setiap beberapa minggu sekali. Bukan hanya membersihkan bagian luar iPhone, tetapi juga bersihkan file-file sampah yang tersimpan di dalam sistem iPhone. Lakukan juga penyegaran layar setiap hari agar kinerja ponselmu dan tampilan layar tetap lancar. Hal ini tentu akan akan membuat ponsel pintar kamu tetap memiliki performa yang bagus dan terlihat bersih. Ada baiknya juga jika kamu mau untuk membersihkan port charger atau speaker iPhone dari debu dengan menggunakan kuas halus  sehingga kualitas pengisian daya dan suara dari speaker ponsel kamu tetap mantap. 

  • Hindarkan iPhone dari Suhu Tinggi dan Air

Tips berikutnya yaitu menghindari menggunakan iPhone di bawah paparan sinar matahari langsung dalam waktu yang lama. Apalagi jika kamu sedang didalam sauna, maka akan Lebih baik jika tidak mengunakan iPhone.hindari meletakkan iPhone di dashboard mobil yang kerap terpapar sinar matahari langsung dalam jangka waktu lama. Hal ini karena iPhone sangat rentan terhadap suhu yang terlalu panas, oleh karena itu hindarilah menggunakan iPhone terlalu lama pada suhu ruangan yang panas. Suhu yang tinggi ini dapat menyebab baterai iPhone menjadi cepat menurun kondisinya, bahkan dapat membuat iPhone kamu mati total secara tiba-tiba. Sebagai pengingat, walaupun iPhone memiliki fitur tahan terhadap air, akan lebih baik jikaa kamu menjauhkan iPhone kamu dari tempat yang berair guna mengurangi risiko kerusakan. Hal ini dikarenakan Apple tidak menerima garansi ponsel iPhone yang rusak akibat air. Terlebih lagi, semakin lama usia iPhone kamu maka pelindung tahan air atau adhesive tape akan berkurang kemampuannya.

  • Menggunakan Pengatur Kecerahan Otomatis dan Mode Daya Rendah

Tips berikut yang dapat kamu lakukan yaitu menggunkan pengaturan kecerahan otomatis. Hal ini untuk menghemat baterai iPhone, yang mana pengaturan ini akan membuat layar menyesuaikan tampilan kecerahan berdasarkan cahaya yang ada di ruangan. Biasanya di malam hariatau sedang berada di tempat yang gelap, layar HP akan menambah kecerahan supaya tampilan teks dan gambar di layar lebih jelas terlihat. Tips lain yang bisa kamu gunakan yaitu menggunakan mode daya rendah untuk menghemat penggunaan baterai.

  • Tidak Menggunakan iPhone Ketika sedang Di isi Daya

Selanjutnya, yaitu tidak melakukan pengoperasian ponsel saat sedang diisi daya. Hal ini  rawan mengakibatkan korsleting. Bukan hanya itu, menggunakan iPhone atau bermain game berat saat sedang melakukan pengisian daya dapat membebani kinerja baterai iPhone kamu. Kinerja baterai yang berlebihan dapat mengakibatkan baterai panas, yang membuat  menurunnya kualitas komponen iPhone. Hal ini akan berdampak jangka panjangnya karena membuat baterai cepat soak alias rusak karena turun daya. Maka dari itu matikan HP saat melakukan pengisian daya supaya baterai iPhone Anda lebih tahan lama.

  • Isi Daya Baterai jika sudah mencapai Angka 20%

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan dalam rangka menjaga kondisi kesehatan baterai iphone adalah segera mengisi ulang apabila daya baterai mencapai angka 20%. Disarankan untuk melakuka pengisian daya iPhone maksimal 80% saja, jangan sampai 100%. Saat melakukan pengisian daya, lepaskan case pelindung bodi untuk mengurangi panas pada perangkat iPhone. Kamu bisa memasang case kembali ketika sudah selesai diisi daya.

  • Berikan perindungan pada Bodi  iPhone dengan Case dan Pelindung Layar

Tips berikutnya adalah dengan mengunakan case dan pelindung layar dengan menggunakan anti gores. Hal ini bertujuan untuk melindungi bodi ponsel.  Case berguna untuk menjaga iPhone dari berbagai benturan atau gesekan terutama saat terjatuh atau terbentur dengan  benda keras. Hal ini juga sama dengan menggunakan pelindung layar. Tempered glass atau anti gorea dapat mengurangi risiko layar pecah atau retak saat terjatuh. Oleh karena itu, simpan iPhone kamu pada tempat yang benar-benar aman supaya tidak mudah jatuh. Nah, supaya lebih aman, kamu bisa menggunakan protective case yang tebal dan rapat membungkus handset kesayangan kamu.

  • Jangan Mengganti LCD iPhone Sembarangan

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan yaitu jika layar iPhonemu mengalami kerusakan seperti lecet, retak atau apapun yang mengharuskanmu untuk menggantinya,maka perlu diketahui bahwa harga LCD itu mahal sekali. Oleh karena itu, kamu harus menjaga HP sebaik-baiknya. Dan jangan tergiur konter service HP terdekat yang menawarkan harga lebih murah karena kebanyakan membuat bintik putih pada bagian tepi kanan layar. parahnya dimana saat iPhone mengalami panas, tiba-tiba layar mulai bergaris dan kadang menu bergerak dengan sendiri nya (Ghost touch) hingga blank hitam. Maka sangat disarankan bagi kalian untuk membeli iPhone garansi resmi supaya ketika terjadi masalah, iPhone dapat di tangani oleh orang yang tepat dan bertanggung jawab.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *